Manfaatkan Sisa Potongan Leher Bebek, UKM Puspita Food Kembangkan Varian Siomay Bebek

Siomay Bebek Kukus Khas Puspita Food
Siomay Bebek Kukus Khas Puspita Food

DEPOK (KM) – Menjamurnya usaha kuliner di Kota Depok meninggalkan persoalan tersendiri bagi pengelolanya, khususnya bagi pengusaha kuliner yang mengambil segmentasi kuliner berbahan baku bebek dengan berbagai merk dagangnya.

Seperti halnya kuliner yang berbahan baku ayam, kuliner bebek pun juga memiliki varian olahan yang siap disajikan bagi para penikmat daging bebek, apakah itu hanya digoreng, dibakar, dikremes, atau dipenyet dengan masing-masing cara dan penyajiannya.

Menurut owner UKM Puspita Food, Ira Poespita, rata-rata persoalan yang dihadapi pengusaha kuliner khas bebek ini adalah di cara penanganan sisa potongan leher bebek yang memang pada umumnya pelanggan hanya menginginkan bagian badan atau paha bebeknya saja, sementara bagian lainnya seperti leher tersebut tidak digunakan dan cenderung dibuang karena kesulitan dalam mengolahnya.

Ira Poespita saat ditemui kupasmerdeka.com pada Rabu 31/10 di home industrinya menceritakan pengalamannya saat ditantang oleh salah satu pengusaha kuliner bebek ternama untuk membuat suatu produk makanan olahan dengan menggunakan bahan baku leher bebek yang tidak terpakai tersebut.

Dirinya saat itu langsung menerima tantangan tersebut dan berkat keyakinannya ia berhasil menciptakan terobosan dengan membuat varian siomay dengan bahan baku utamanya leher bebek yang dikombinasikan dengan ikan dan bahan lainnya untuk mengurangi bau amis dari bebek tersebut.

“Saya terima sisa potongan leher tersebut secara gratis, namun olahan siomay bebeknya kini menjadi salah satu menu unggulan yang dijual di seluruh cabang restoran bebek tersebut. Penyajiannya bisa dikukus seperti siomay, bisa juga digoreng seperti batagor,” ujar Ira.

Advertisement

“Permintaan harian di sana sebenarnya sebanyak 500 pcs, namun karena kendala SDM dan modal jadi baru bisa dilayani 300 pcs/hari, dari rumah makan bebek lainnya juga sudah ada permintaan tapi saya belum siap untuk menanganinya karena keterbatasan tersebut,” terang Ira.

Produk Kemasan Siomay & Dimsum Puspita

Produk Kemasan Siomay & Dimsum Puspita

Selain siomay bebek, UKM Puspita Food juga memiliki produk kuliner unggulan lainnya yang sudah eksis terlebih dahulu hingga kini, yaitu Siomay dan Dimsum Puspita yang berbahan baku dasar ayam dan sudah memiliki beberapa outlet di Depok dan Jakarta dengan jumlah penjualan harian rata-rata sebanyak 1200 pcs.

“Untuk kemasannya flip on. Kalau eceran saya jual Rp40.000 isi 10, tapi kalau untuk reseller Rp25.000 dengan minimal order 10 pack. Penjualan dalam 3 minggu ini memang lagi agak kendor karena sedang fokus urus mertua yang sedang sakit, jadi sementara hanya bisa melayani 800 pcs/hari karena harus berbagi waktu,” pungkas Ira.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: