Heli Apache dan Rudal Starstreak Meriahkan HUT TNI ke- 73 di Lanumad A. Yani

Gladi bersih dalam rangka peringatan HUT TNI ke-73 di Lanumad Ahmad Yani Semarang, Kamis 4/10/2018 (dok. KM)
Gladi bersih dalam rangka peringatan HUT TNI ke-73 di Lanumad Ahmad Yani Semarang, Kamis 4/10/2018 (dok. KM)

SEMARANG (KM) – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-73 di wilayah Jateng dan DIY akan digelar hari ini di Lanumad A. Yani Semarang.

Dari pagi, pasukan dari berbagai satuan Angkatan Darat, Laut dan Udara sudah berbaris rapi siap mengikuti gladi bersih parade dan defile. Berbagai macam Alutsista TNI dari ketiga matra pun sudah tergelar dan tertata apik menghiasi sisi lapangan upacara.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Zaenudin menyampaikan, apa yang disiapkan pada HUT TNI ke- 73 yang sekaligus HUT Kodam IV/Diponegoro ke-68 “semata-mata untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI itu milik rakyat, jadi TNI harus bisa membanggakan si pemiliknya”. Apa yang dimiliki TNI juga milik rakyat karena semua dibeli dengan uang rakyat.

Ditambahkan Kapendam, usai upacara akan digelar pameran Alutsista yang akan digelar 5-7 Oktober 2018. Alutsista yang terpajang di lapangan dapat dilihat langsung dari dekat oleh masyarakat, termasuk helikoper Apache dan rudal Starstreak, tank, panser Anoa, kendaraan tempur Marinir dan sebagainya, bahkan nantinya masyarakat juga akan diberi kesempatan untuk naik kendaraan tempur TNI tersebut.

“Kita memiliki heli Apache dan rudal Starsteak yang baru memperkuat TNI AD, silahkan masyarakat menyaksikan dan melihat dari dekat. Karena apa yang dimiliki TNI juga milik rakyat, dan kebahagiaan rakyat adalah kebahagiaan TNI,” ujarnya.

Kemeriahan juga terlihat di bekas kantor Bandara A. Yani. Sudut-sudut ruangan yang semula kosong karena pindah lokasi ke Bandara yang baru, disulap menjadi aneka macam stand pameran yang diikuti oleh berbagai satuan TNI, Pemda dan BUMN.

“Masyarakat bisa berinteraksi di dalam pameran tersebut, untuk saling berbagi dan tukar-menukar informasi,” imbuh Kapendam.

Kegiatan HUT dimulai pukul 08.00 WIB pagi ini, dengan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto ebagai Inspektur Upacara. Selesai upacara parade dan defile, masyarakat disuguhi demo beladiri dan penampilan Drum Band Caka Lokananta dari Akademi Militer termasuk pagelaran penata musik.
Usai upacara dan rangkaiannya, dilanjutkan syukuran dan pembukaan pameran Alutsista.

Pada malam harinya, masih di tempat yang sama, masyarakat Jawa Tengah akan menggelar do’a bersama (tabligh akbar) bertemakan “Doa Persembahan Ibu Kandung (Rakyat) untuk Anak Tercinta (TNI-Polri)” yang akan dipimpin oleh Habib Luthfi bin Ali bin Yahya dan tokoh-tokoh lintas agama serta tokoh masyarakat Jateng.

Reporter: Marsono Rh
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*