PGRI, MKKS SMP, dan IGTKI Kota Depok Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Lombok

DEPOK (KM) – Pasca gempa Lombok, penggalangan bantuan terus dilakukan oleh berbagai elemen, termasuk lingkungan pendidik melalui PGRI Kota Depok yang memberikan himbauan serta edaran untuk penggalangan dana bantuan di seluruh sekolah di Kota Depok, baik itu siswa, guru, maupun tenaga kependidikan lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohammad Thamrin menjelaskan bahwa penggalangan dana bantuan dihimpun melalui PGRI Kota Depok, MKKS SMP Kota Depok, dan IGTKI Depok. “Dana bantuan yang telah terkumpul melalui PGRI, MKKS, dan IGTKI adalah sebesar 390 juta rupiah,” terang Thamrin.

Dijelaskan pula jika dana yang berhasil dihimpun tersebut telah di distribusikan langsung oleh Ketua PGRI kota Depok beserta jajarannya yang juga didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan kota Depok, Pengurus MKKS SMP dan pengurus IGTKI kota Depok langsung kepada para korban bencana gempa di daerah Lombok Utara pada 28 September 2018 lalu.

Dana yang terkumpul juga diberikan bagi para guru di Lombok sebesar Rp210.000.000,- yang dititipkan melalui PGRI Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan telah diterima langsung oleh H. Muhammad Ali, ketua PGRI Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk dapat disalurkan kepada guru-guru di daerah bencana.

Oleh PGRI dan Kepala Dinas Kota Depok, MKKS SMP, IGTKI, dana bantuan juga langsung diserahkan kepada 6 sekolah dasar di sekitar wilayah Lombok Utara yaitu SDN Pemenang Barat, SDN 1 Malaka, SDN Gili indah di pulau Gili Meno, SDN 2 Pemenang Timur, SDN 7 Pemenang Barat, SDN 5 Pemenang Barat, serta 5 sekolah menengah pertama (SMP) dengan nilai yang sama masing-masing sebesar 15 juta rupiah yaitu SMPN 1 Pamenang, SMPN 2 Tanjung, SMPN 3 Tanjung, SMPN 1 Gangga, SMPN 6 Mataram Lombok Barat.

Dalam kesempatan yang sama, IGTK Kota Depok juga berkesempatan memberikan bantuan kepada 3 TK Negeri di wilayah Pamenang untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan yang mendesak di sekolah masing-masing.

“Kepedulian PGRI Kota Depok dan Dinas Pendidikan Kota Depok membuat terharu penerima bantuan kemanusiaan tersebut yang pada umumnya sekolah mereka rata dengan tanah. Bukan nilai bantuannya yang dilihat, tapi niat baik yang patut diapresiasi,” ujar Syamsudin Ketua PGRI Kota Depok.

Lebih lanjut dijelaskan jika penerima dana bantuan di Kecamatan Pamenang Lombok Utara mengucapkan terima kasih atas bantuan dana tersebut karena sangat membantu keperluan dan kebutuhan operasional sekolah dan siswa.

Ketua PGRI Kota Depok juga menerangkan jika penggalangan dana merupakan bentuk keprihatinan atas musibah yang telah menewaskan ratusan orang itu. Pihaknya berharap dana yang telah disalurkan bisa bermanfaat bagi para korban. Menurutnya, penggalangan dana juga memberikan pelajaran kepada para siswa, tentang pentingnya membangun kepedulian dan membangun solidaritas sesama manusia. “Ketika solidaritas dan kepedulian ini terbangun, bisa meminimalisir sifat individualisme,” ujar Syamsudin.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Muhammad Thamrin juga berharap musibah di Lombok Utara ini bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat akan pentingnya membangun solidaritas dan kepedulian sesama manusia ujarnya.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*