Pelatihan Dasar Jurnalistik Dinilai Penting Agar Pandai Sikapi Pemberitaan di Medsos

Aru Prayogi saat memberikan pengajaran jurnalistik kepada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bogor (dok. KM)
Aru Prayogi saat memberikan pengajaran jurnalistik kepada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Perkembangan teknologi informasi telah mempermudah manusia untuk melakukan aktivitasnya secara online. Media massa pun sudah banyak bermunculan di Internet dan meraih popularitas karena dinilai mudah dan praktis untuk diakses.

Namun seiring dengan hal itu, para pengguna aktif media sosial seringkali mendapatkan informasi yang bertentangan dengan kebenarannya. Hal tersebut menjadi perhatian penting agar lebih bijak dalam membaca dan menyebarluaskan pemberitaan secara online.

Seorang mahasiswa di Kabupaten Cianjur yang juga berprofesi sebagai wartawan media online, Aru Prayogi mengatakan, “Perlu adanya pemahaman kepada para pelajar milenial tentang dasar-dasar jurnalistik. Pasalnya mereka tiap hari mengkonsumsi pemberitaan yang perlu diperhatikan kebenarannya,” ungkapnya kepada awak media, Sabtu 25/08/2018.

“Ya pelajar milenial sekiranya harus tahu tentang dasar jurnalistik, sehingga ketika mereka membaca sebuah informasi itu dapat melakukan kroscek terhadap kebenarannya.”

Pengajaran tentang jurnalistik ini rutin dilakukannya setiap hari Kamis siang di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bogor, dengan harapan agar nantinya para pelajar tersebut dapat memahami dan menyukai dunia jurnalistik.

“Harapannya, para pelajar bisa memahami dahulu tentang dunia jurnalistik dan semoga kedepannya diataranya ada yang juga ingin berprofesi seperti ini,” pungkasnya.

Reporter: Rio/ddy07
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*