Kades Sukaharja Cijeruk Pimpin Upacara Hari Kemerdekaan yang Dipadati Warga

Detik-detik pengibaran bendera Merah Putih di halaman kantor Desa Sukaharja, Cijeruk, 17/8/2018 (dok. KM)
Detik-detik pengibaran bendera Merah Putih di halaman kantor Desa Sukaharja, Cijeruk, 17/8/2018 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Pemerintah Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor menggelar peringatan Detik-detik Proklamasi dan upacara Hari Kemerdekaan RI di lapangan Desa Sukaharja, 17/8/2018.

Acara yang berlangsung meriah itu selain dihadiri oleh tamu undangan tidak ketinggalan masyarakat umum banyak juga yang hadir menyaksikan pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibra setempat.

Peserta upacara tersebut terdiri dari barisan unsur pemerintah desa, BPD, LPMD, para Ketua RT dan RW, Kader PKK, PNS guru, siswa-siswi, dan masyarakat Desa Sukaharja.

Upacara itu berlangsung khidmat, diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibra, dilanjut dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh inspektur upacara.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan naskah teks Pancasila, naskah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan naskah teks Proklamasi. Kemudian tepat pada pukul 09:00 WIB sirine dibunyikan oleh inspektur upacara, diiringi pembunyian segala tabuhan dan Dongdang yang dibawa oleh warga Desa Sukaharja sebagai tanda mengenang detik-detik proklamasi.

Advertisement

Upacara dilanjutkan dengan amanat dari inspektur upacara dan diakhiri dengan pembacaan doa, maka seluruh rangkaian acara resmi Upacara Bendera HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Desa Sukaharja selesai.

Kepala Desa Sukaharja, Santoso, menyatakan bahwa peringatan HUT RI ke-73 ini memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia, dan sebagai rasa cinta terhadap NKRI, rakyat Indonesia “wajib” memperingatinya sebagai wujud mendoakan jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi semangat masyarakat Desa Sukaharja ini, karena sudah melaksanakan hal yang sangat positif. Dengan melakukan upacara ini, mereka sangat peduli dengan cinta Tanah Air dan rasa nasionalisme kepada bangsa, negara dan daerah. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,” ujarnya.

Reporter : Budi/Oman
Editor : HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: