Peningkatan Kualitas SDM Dalam Menghadapi Pemilu 2019

Windi Wijayanti, Staf Sekretariat Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Kota Bogor
Windi Wijayanti, Staf Sekretariat Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Kota Bogor

Oleh Windi Wijayanti, SE
Staf Sekretariat Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Kota Bogor

Bogor menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak. Tentunya, dengan serentaknya Pilkada menjadikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bogor sebagai salah satu Lembaga Pemilu yang harus bekerja ekstra keras dalam mengawasi dari tahapan awal sampai akhir.

Dalam mendukung pelaksanan Pilkada serentak 2018, setiap divisi di Panwaslu Kota Bogor memiliki tugas serta pekerjaannya masing-masing. Secara umum, ketiga divisi di Panwaslu Kota Bogor yaitu Divisi SDM dan Organisasi, Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga serta Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran dapat menyelesaikan tugas dengan baik pada Pelaksanaan Pilkada 2018. Divisi SDM dan Organisasi telah melakukan rekrutmen pengawas pemilu, Divisi Pencegahan dan Hubal melaksanakan pengawasan pada setiap tahapan serta menangani laporan ataupun temuan dugaan pelanggaran oleh Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran. Hal baik ini pun dapat terwujud atas dukungan Sekretariat Panwaslu Kota Bogor yang sangat baik.

Dalam melaksanakan tugasnya, ketiga divisi ini menggunakan sistem laporan berjenjang, tentunya laporan berjenjang ini dapat terselesaikan dengan baik atas dukungan laporan berjenjang dari Panwaslu Kecamatan. Hal ini tentunya memerlukan koordinasi serta komunikasi yang baik agar dapat saling mendukung sistem kerja antara Panwaslu Kota Bogor dengan Panwaslu Kecamatan. Selain itu, hal yang paling dasar yang harus diperhatikan adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat. Antara kualitas SDM dengan hasil proses pengawasan merupakan hal yang berbanding lurus.

Proses pengawasan dapat berjalan dengan baik apabila didukung dengan kualitas SDM nya yang baik.

Proses rekrutmen pengawas pemilu baik Panwascam, PPL, maupun Pengawas TPS merupakan proses yang sangat dasar dalam menentukan siapa yang paling layak dan memiliki kualitas serta komitmen dan integritas dalam mengawasi pelaksanaan pemilu. Proses selanjutnya, agenda seperti Bimbingan Teknis maupun Rapat Kerja Teknis maupun kegiatan lainnya sangatlah penting dalam mengasah kemampuan dan mempertajam analisa dalam proses pengawasan pemilu serta meningkatkan kinerja dalam proses pengawasan tahapan.

Pengawasan yang dilakukan dengan baik maka akan dapat mewujudkan Pemilu/Pilkada yang berintegritas sehingga dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang diharapkan oleh rakyat.

Pilkada serentak 2018 telah usai, namun pekerjaan pengawas pemilu tentu tidak berhenti. Para pengawas Pemilu telah disambut oleh tahapan Pemilihan Umum Legislatif serta Presiden dan Wakil Presiden 2019.  Panwaslu Kota Bogor sebagai salah satu Lembaga Pengawas Pemilu akan terus meningkatkan kinerja dan kualitas SDM pengawas dalam menghadapi Pemilu 2019 untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas.

BERSAMA RAKYAT AWASI PEMILU, BERSAMA BAWASLU TEGAKKAN KEADILAN PEMILU.

 

(ddy07)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*