Jadi Biang Macet, CFD Bogor Tidak Akan Diadakan Lagi

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya (dok. KM)
Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya (dok. KM)

BOGOR (KM) – Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor, sampai saat ini masih belum kembali diadakan sejak diliburkan pada 6 Mei 2018 lalu.

Bahkan, berdasarkan keterangan dari Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, CFD kemungkinan tidak akan kembali dibuka karena ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, satu diantaranya terkait kemacetan di seputar jalur Sistem Satu Arah (SSA) Kebun Raya Bogor.

“Penutupan CFD ini tidak menunggu kesepakatan dari pihak manapun, kita melihat dampaknya karena kondisi lalu lintas saja di SSA sekitar jam 8 pagi sudah padat bahkan macet total. Nah, salah satu penyumbang kemacetan di SSA ini yaa CFD itu,” ujar Ulung usai mempringati HUT Bhayangkara ke-72 di Makodim 0606, Rabu (11/07/2018).

Ulung menuturkan, selain dampak dari CFD yang menyumbang kemacetan di jalur SSA, penutupan juga melihat dari situasi masyarakat. Pertama, melihat dari keadaan jalan, bahwa jalan itu untuk arus lalu lintas, bukan untuk berdagang.

“Jika dikarenakan alasannya hanya untuk berolahraga, sudah ada sarana olahraga yang bertempat di Sempur, maka kita akan alihkan ke sempur. Jadi, arus lalu lintas di jalan yang dipakai CFD bisa tetap berjalan. Sekarang, jika Jalan Sudirman ditutup untuk CFD, yang terjadi justru disitu banyak pedagangnya dan setelah selesai sampah-sampah berserakan,” jelasnya.

Reporter: Dody
Editor: HJA

Komentar Facebook

1 Comment

  1. Jalur ssa kbn raya yg plg macet ada di sempur. Sedang antara lokasi cfd hingga dpn istana (jl sudirman) ttp lenggang / gak macet. Jd apa alasan sebenarnya pembatalan cfd pak?
    STOP PEMBODOHAN PUBLIK.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*