Anggota DPRD Babel Tidak Ada yang Terima Massa Aksi, FPII Kecewa

PANGKALPINANG (KM) – Aksi Damai menolak kriminalisasi terhadap wartawan dan mendukung solidaritas sesama insan pers juga dilakukan oleh Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Sekretariat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Setwil Babel) bersama puluhan wartawan Babel, Rabu (4/7/2018).

Aksi dilakukan di Gedung DPRD Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Puluhan wartawan yang melakukan aksi merasa kecewa karena aspirasi yang ingin disampaikan langsung kepada Anggota DPRD Babel hanya diterima oleh Sekwan DPRD.

“Gedung semegah ini tak satupun Wakil Rakyat dapat ditemui. Alasan dinas luar, apakah seluruhnya dinas luar?” tanya Purwanto di halaman gedung DPRD Babel, Rabu (04/07/18).

Ketua FPII Setwil Babel ini menyayangkan tak satupun wakil rakyat ini dapat ditemui.

“FPII Setwil Babel berharap tidak ada lagi kriminalisasi terhadap wartawan. Untuk pemerintah, diharapkan bisa bersinergi dan tidak ada lagi oknum-oknum yang berusaha untuk mengkotak-kotakkan organisasi pers maupun wartawan yang melakukan tugasnya dalam peliputan dengan alasan yang tidak jelas. Karena wartawan saat menjalankan tugasnya selalu berpegang teguh pada kode etik Jurnalistik dan UU Pers No 40 tahun 1999,” ucap Purwanto.

Advertisement

Hal senada juga disampaikan Korlap aksi, Wantoni. “Dengan banyaknya kriminalisasi dan diskriminasi terhadap wartawan dalam melakukan tugas jurnalistiknya maka sebagai rasa solidaritas sesama insan pers aksi ini kami lakukan berbarengan dengan aksi serupa yang dilakukan teman-teman wartawan dari beberapa organisasi pers di Dewan Pers Jakarta, hari ini,” jelasnya.

Beberapa tuntutan yang disampaikan kepada DPRD Babel adalah:

1.Mendesak Pemerintahan dan DPR RI bubarkan Dewan Pers.

2. Mendesak Pemerintahan Dan DPR RI sama sama menolak Kriminalisasi terhadap wartawan.

3. Mendesak pemerintah dan DPR RI revisi UU Pers Nomor 40 tahun 1999.

4.Meminta DPRD Babel mengundang Kapolda Babel dan solidaritas wartawan Babel melakukan komunikasi berkaitan dengan Insan Pers.

Sementara, Sekwan propinsi Bangka belitung, Syarifudin, menyampaikan permintaan maaf dikarenakan para pimpinan Dewan tidak berada ditempat disebabkan Dinas Luar. “Akan tetapi tuntutan yang disampaikan teman-teman akan saya akomodir kan dan akan kita sampaikan terkait aksi yang dilakukan FPII Setwil Babel bersama solidaritas wartawan Babel.”

“Kita sangat mengapresiasi kepedulian teman -teman wartawan,” ucapnya.

Reporter: Red
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: