“Paguyuban Urang Dahu” Bangun TPA dan Gedung Dakwah di Kampung Dahu

Peletakan batu pertama Gedung Dakwah dan TPA Kampung Dahu, Desa Barengkok, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, 17/6/2018 (dok.KM)
Peletakan batu pertama Gedung Dakwah dan TPA Kampung Dahu, Desa Barengkok, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, 17/6/2018 (dok.KM)

BOGOR (KM) – “Paguyuban Urang Dahu” dibentuk sebagai respon terhadap aspirasi angkatan muda yang menyatukan tekad lintas generasi untuk membangun kembali Kampung Dahu di Desa Barengkok, Leuwiliang, yang memiliki ikatan kekeluargaan yang erat, sikap keagamaan yang tangguh, serta pendidikan dan prestasi yang membanggakan. Kondisi seperti itulah yang menjadi kebanggaan para tokoh dan sesepuh Kampung Dahu. Persatuan tersebut dibentuk pada tanggal 14 Februari 2018 lalu.

Minggu, 17 Juni 2018, Paguyuban Urang Dahu menggelar acara peletakan batu pertama Gedung Dakwah dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) sekaligus Halal Bihalal yang disambut meriah oleh masyarakat dan para tokoh terutama yang memiliki ikatan psikologis dengan Kampung Dahu sebagai tanah kelahiran orangtua serta anak cucu. Lokasi pembangunan Gedung Dakwah dan TPA itu terletak di lapangan voli Kampung Dahu.

Ketua Paguyuban Urang Dahu Najmul Komar menuturkan, tanah yang digunakan untuk pembangunan Gedung Dakwah dan TPA merupakan wakaf dari keluarga sesepuh dan penasehat Paguyuban Urang Dahu, Ilyas.

Tanah yang diwakafkan seluas sekitar 500 meter persegi itu berlokasi di Kampung Dahu, RT 01/05 Desa Barengkok, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Peletakan batu pertama pembangunan Gedung Dakwah dan TPA dilaksanakan tepat pukul 13.00 oleh sesepuh dan penasihat paguyuban, Ilyas, Memed Sumitra, Syarifudin dan didampingi oleh tokoh-tokoh yang lainnya.

Advertisement

“Pembangunan secara resmi akan dimulai tanggal 1 Juli 2018 nanti. Dengan iringan doa dari semua lapisan masyarakat agar pembangunan gedung dakwah dan TPA ini dimudahkan dalam pelaksanaannya,” paparnya.

Selain itu, sesepuh dan penasihat Paguyuban Urang Dahu, Ilyas menuturkan, diwakafkannya sebidang tanah ini sebagai langkah kongkrit untuk pembangunan Gedung Dakwah dan TPA.

Tidak membutuhkan waktu lama, setelah diwakafkannya tanah tersebut panitia pembangunan yang diketui oleh Fachrudin dengan koordinator lapangan Syarifudin langsung melakukan penggalangan dana dan perataan tanah.

“Pembangunan ini dilakukan untuk memajukan dan memberikan fasilitas bagi masyarakat Kampung Dahu. Dilihat dari acara peletakan batu pertama kemarin, antusias panitia dan masyarakat sangat tinggi dalam pembangunan Gedung Dakwah dan TPA ,” kata dia.

Di tempat lain, ketua panitia pembangunan Gedung Dakwah dan TPA Fachrudin menuturkan, dalam kurun waktu kurang dari dua bulan sampai acara peletakan batu pertama dilaksanakan sudah terkumpul dana kurang lebih Rp50 juta dari total anggaran sekitar Rp230 juta.

“Panitia menerima bantuan berupa material maupun dana tunai atau melalui transfer ke rekening bank BNI No Rekening. 0717771764 atas nama D. Mahyudin,” pungkasnya.

Reporter : Dody

Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: