Sambut Ramadhan, APJI Depok Gelar Pelatihan Khusus Bagi Perempuan Kepala Keluarga

Demo pembuatan kue kering oleh instruktur saat pelatihan memasak ibu-ibu PEKKA (dok. KM)

DEPOK (KM) – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, Asosiasi Pengusaha Jasa Boga (APJI) Kota Depok memanfaatkan momentum tersebut dengan menggelar pelatihan memasak khusus bagi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA).

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu 14-15 Mei 2018 di dapur umum milik Ketua APJI Kota Depok di Beji. Kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan membuat makanan seperti kue-kue kering yang sehat dan bergizi dengan variasi warna dan rasa.

“Pelatihan ini dalam rangka memanfaatkan momen bulan Ramadhan, makanya yang dididik adalah pembuatan makanan takjil untuk berbuka puasa dan kue-kue kering untuk persiapan lebaran,” jelas Siti Khadijah. Ia pun berharap dengan digelarnya pelatihan ini bisa meningkatkan pemasukan ibu-ibu dengan menjual makanan yang lebih sehat, lebih bergizi dan lebih berkualitas.

“Supaya nanti jangan hanya jualan gorengan dan lontong saja, tapi juga bisa menjual makanan yang lebih baik dan lebih sehat, ini yang juga tadi disampaikan oleh bapak Eka Bahtiar, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga pada saat pembukaan pelatihan,” terang Siti lebih lanjut.

Advertisement

Siti Khadijah yang merupakan Ketua APJI Kota Depok juga menginformasikan jika pelatihan PEKKA ini mendapatkan dukungan dari Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga. “Sebenarnya kalau pelatihannya dilakukan rutin setiap bulan, tapi kalau yang didanai oleh pemerintah melalui Dinas, kita kerjasama dengan mereka satu tahun sekali,” kata Siti.

“Kalau dari APJI sendiri rutin setiap bulan melakukan pelatihan, dan khusus PEKKA di tahun 2018 ini saja sudah 3 kali kami selenggarakan, karena kami ingin mereka bisa meningkatkan penghasilan keluarga. Dengan cara mendidik mereka, Alhamdulillah banyak perubahan dari sebelum dididik dengan setelah mendapat pendidikan dari segi penghasilannya,” jelas Siti Khadijah di sela-sela kegiatan pelatihan.

Dari pantauan KupasMerdeka.com di lokasi pelatihan, nampak beberapa hasil olahan kue kering seperti kue srikaya, nastar, dan kue kering lainnya. Peserta yang berjumlah sekitar 30 orang pun terlihat antusiasnya.

“Harapan saya ingin kedepannya mereka bisa lebih sejahtera, ekonominya meningkat sebagaimana yang diakui peserta-peserta yang sudah mengikuti pelatihan,” pungkas Siti Khadijah.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*