Pemerintah Diminta Segera Stabilkan Harga Bawang Putih

Politisi PKS, Hermanto (dok. PKS.id)
Politisi PKS, Hermanto (dok. PKS.id)

JAKARTA (KM) – Anggota Komisi 4 DPR Hermanto mengaku prihatin dengan lonjakan harga bawang putih belakangan ini. Kondisi ini selalu berulang, bahkan telah menjadi perangkap berkelanjutan, agar Indonesia selalu menjadi negara konsumen.

“Kembali melonjaknya harga ini merupakan indikator belum adanya upaya yang sistematis dan strategis dari pemerintah untuk mengoptimalkan sektor hulu pertanian bawang putih,” papar Hermanto dalam keterangan tertulis kepada wartawan menanggapi lonjakan harga bawang putih belakangan ini.

Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Indonesia (Ikappi) melaporkan harga bawang putih di pasar tradisional Jakarta sempat menyentuh 60.000 per kg. Standarnya Rp 30.000-Rp 35.000 per kg.

Kedepan, lanjutnya, pemerintah secepatnya harus mengambil peran strategis. “Menguatkan sistem pertanian bawang putih, menguatkan teknologi pertanian, mengoptimalkan lahan serta pemberdayaan petani dan menyehatkan alur distribusi perdagangan bawang putih yang berbasis pada kepentingan bangsa untuk mewujudkan keadilan sosial bagi petani,” tutur anggota DPR dari Fraksi PKS ini, Rabu 25/4.

Advertisement

Lebih jauh disebutkan, Indonesia termasuk negara terbesar di Asia Tenggara yang mengkonsumsi bawang putih. Di sisi lain, saat ini Indonesia bukanlah negara penghasil bawang putih yang dominan.

Ruang kesenjangan ini seringkali dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merekayasa kelangkaan suplai sehingga harga bawang putih pun melonjak. “Kondisi ini menjadi pembenaran untuk impor bawang putih,” ucapnya.

“Apalagi kondisi menghadapi bulan puasa dan lebaran maka semakin kuatlah alasan untuk melakukan impor,” tambahnya.

Di tengah meroketnya harga bawang menjelang Ramadhan ini, katanya, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk menstabilkan harga dengan mengutamakan menyerap produk pertanian bawang putih dalam negeri. “Masyarakat harus dibuat tenang saat menghadapi puasa dan lebaran,” pungkas anggota DPR dari dapil Sumatera Barat ini.

Reporter: Indra Falmigo
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*