Bimtek Pantarlih Tanah Jambo Aye Selesai di Laksanakan

Peserta Bimtek Pantarlih wilayah Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Senin 16/4 (dok. Az/KM)
Peserta Bimtek Pantarlih wilayah Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Senin 16/4 (dok. Az/KM)

ACEH UTARA (KM) – KIP Aceh Utara melalui PPK Kecamatan Tanah Jambo Aye melaksanakan Bimbingan Teknik (Bimtek) Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), Senin (16/4/2018) di Aula Kantor Camat setempat.

Ketua PPK Tanah Jambo Aye, Arwi, menerangkan bahwa Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk wilayah Kecamatan Tanah Jambo Aye sebanyak 32.381. Pemilih sebanyak itu berada dalam 47 desa di Kecamatan Tanah Jambo Aye.

“Bimtek kami mulai pukul 14.00 WIB dan selesai pukul 16.00 WIB di aula Kantor Camat Tanah Jambo Aye. Peserta yang hadir sekitar 230 orang. Dalam Bimtek Pantarlih ini kami lakukan untuk memberi pelatihan khusus kepada anggota PPS dan Pantarlih, supaya dalam mendata pemilih tepat dan akurat, sehingga tidak ada pemilih yang tertinggal,” ujar Arwi.

Acara Bimtek Pantarlih di wilayah Aceh Utara dilakukan dengan serentak di setiap kecamatan oleh PPS bersama dengan PPK dengan cara menggabungkan Pantarlih antar beberapa desa dan dimonitoring oleh tim dari KPU Aceh Utara. Hal tersebut dilakukan untuk menghemat waktu dan tempat yang terbatas.

Advertisement

Ketua PPK Tanah Jambo Aye Divisi Pemutakhiran Data menjelaskan, Bimtek Pantarlih ini langsung mengerucut pada pola kerja di lapangan. Pantarlih langsung diajarkan bagaimana cara mencatat warga yang didata serta bagaimana cara mencoret warga yang sudah tidak terdata meninggal, TNI atau Polri dan lain-lain.

“Dalam Bimtek tadi, kami perintahkan agar PPK dan PPS to the point pada tupoksi Pantarlih. Agar pada pencocokan dan penelitian (coklit) nanti tidak lagi bertanya-tanya ini dan itu. Semua perlengkapan telah di distribusikan, jadi pantarlih tinggal bekerja saja sesuai petunjuk,” jelasnya.

Reporter: Azhar
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*