Sertijab Tujuh Camat di Aceh Utara, Bupati Minta Masyarakat Jalin Kerjasama

Sekdakab Aceh Utara (tengah) bersama Dayan Albar dan Hanifza Putra serta Kapolsek dan Danramil Tanah Jambo Aye Usai serah terima jabatan, Kamis 8/2 (dok. Raz/KM)
Sekdakab Aceh Utara (tengah) bersama Dayan Albar dan Hanifza Putra serta Kapolsek dan Danramil Tanah Jambo Aye Usai serah terima jabatan, Kamis 8/2 (dok. Raz/KM)

ACEH UTARA (KM) – Bupati Aceh Utara H Muhammad Taib mengajak semua camat, keuchik (kepala desa) dan masyarakat di setiap daerah supaya membangun komitmen bersama dalam membangun kecamatan masing-masing di bawah Camat yang baru.

Sebelumnya, mutasi sejumlah pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Utara belum lama ini menyentuh tujuh camat, Rabu (7/2).

Prosesi serah terima jabatan (Sertijab) Camat lama Tanah Jambo Aye yakni Dayan Albar dengan Camat yang baru Hanifza Putra, digelar Kamis (8/2/2018) sekira pukul 14.20 WIBA, di Aula Kantor Kecamatan setempat.

Dayan Albar yang sebelumnya menjabat Camat Tanah Jambo Aye kini dipromosikan menjadi Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan pada Setdakab Kabupaten Aceh Utara.

Acara sertijab kamis sore tadi dihadiri oleh Sekdakab Aceh Utara Abdul Aziz, sejumlah Kepala SKPK, para Kabag, Muspika Tanah Jambo Aye, para Imum Mukim, Forum Keuchik bersama seluruh Keuchik Tanah Jambo Aye dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam arahannya, Bupati Aceh Utara melalui Sekda Abdul Aziz menyampaikan, “Kami sangat mengharapkan seluruh komponen masyarakat Tanah Jambo Aye agar memberikan dukungan dan kerjasama yang baik dengan camat yang baru. Hanifza Putra beliau tidak akan bisa berbuat banyak di sini jika tidak ada dukungan dan kerjasama dengan seluruh masyarat Tanah Jambo Aye,” tutur Abdul Aziz.

Hanifza Putra sebelumnya menjabat Camat di Syamtalira Aron, yang kini dijabat oleh Camat Munawir. Sertijab tersebut digelar Rabu kemarin (7/2) sekira pukul 09.00 WIB di aula Kantor setempat. Serah terima jabatan ini dipimpin oleh Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, dihadiri Asisten I Setdakab Aceh Utara Drs T Dayan Albar, S.Sos, MAP, para Kepala SKPK, jajaran Muspika setempat, para Imum Mukim, Geuchik dan tokoh masyarakat. Sebelumnya, Munawir merupakan Sekcam Lhoksukon.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf dalam sambutannya mengatakan, pergantian posisi dalam suatu jabatan struktural pada Aparatur Sipil Negara merupakan upaya penyegaran dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban, selain itu, untuk peningkatan profesionalisme ASN yang bersangkutan.

“Camat yang baru saja diserah terimakan ini merupakan aparatur yang kapabel dan mampu melaksanakan tugas dan kewajiban di lapangan,” kata Fauzi Yusuf.

Ia juga menjelaskan, setiap jabatan merupakan kepercayaan dari pimpinan, dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Aceh Utara. Begitupun, semuanya telah melalui pertimbangan dari Tim Penilai Baperjakat. Oleh karena itu, diharapkan Camat yang diserah terimakan ini dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Kepada jajaran Muspika Syamtalira Aron, Wakil Bupati Fauzi Yusuf mengharapkan untuk meningkatkan kordinasi dan kerjasama dalam pelaksanaan tugas di lapangan, sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat,

“Camat, Danramil dan Kapolsek adalah tiga pilar utama dalam menopang pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan,” jelasnya.

Hanifza Putra pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan kepadanya selama menjadi Camat Syamtalira Aron.

“Meskipun saya telah pindah ke Tanah Jambo Aye, saya sangat berharap hubungan silaturahmi kita tidak putus. Jabatan ini hanya sementara, tapi silaturahmi bisa kita bina untuk selamanya,” tuturnya.

Sementara itu Munawir yang tampil bersama istrinya, mengatakan dirinya tidak bisa berbuat banyak sebagai Camat Syamtalira Aron jika tidak dibantu oleh segenap lapisan masyarakat.

“Ini pertama jabatan saya sebagai Camat, saya masih cukup muda, tanpa bantuan masyarakat saya tidak mungkin saya dapat melaksanakan tugas ini,” kata Munawir.

Sementara itu, Kamis (8/2) pagi, juga diadakan acara sertijab Camat Langkahan yang baru dijabat Kausar menggantikan HM Jamil Rasyid yang kini dimutasi menjadi Camat Meurah Mulia. Awalnya Kausar memegang jabatan sebagai Kepala Bidang pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Utara.

Pada kesempatan itu, Sekda Abdul Aziz juga meminta Kausar agar menjalin sinergi yang kuat dengan jajaran Muspika, para Imum Mukim, para geuchik, tokoh masyarakat, dan seluruh komponen yang ada di Kecamatan Langkahan.

“Tugas dan fungsi Camat adalah menjalankan fungsi pemerintahan di tingkat Kecamatan, bangun sinergi yang kuat dengan unsur Muspika, sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” terang Abdul Aziz.

Di tempat terpisah, informasi yang berhasil dihimpun KM, Rabu (7/2/) sekira pukul 14 WIB, di aula kantor Camat Meurah Mulia, diadakan sertijab dari Camat lama Iskandar, yang kini diganti oleh Camat yang baru yakni Muhammad Jamil Rasyid, dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, T. Safwansyah.

Sedangkan untuk serah terima jabatan di Kecamatan Banda Baro, Rabu (7/2) pagi berlangsung di aula kantor setempat, dimana Nawafil Mahyudha menjabat sebagai camat baru Banda Baro, menggantikan Camat lama Faddy.

Untuk Kecamatan Dewantara, Sertijab camat berlangsung juga di aula kecamatan setempat. Amir Hamzah, camat lama di Kecamatan Dewantara dipromosikan untuk menduduki jabatan Eselon II sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara, sedangkan posisi Camat Dewantara dipercayakan kepada Fadly.

Reporter: Rais Azhary
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*