Presiden: Aksi Solidaritas Sejalan dengan Komitmen Pemerintah untuk Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Presiden Joko Widodo memberi keterangan kepada wartawan usai acara Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta (dok. Setpres) Presiden Joko Widodo memberi keterangan kepada wartawan usai acara Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta (dok. Setpres)

SLEMAN, DIY (KM) – Presiden Joko Widodo memandang aksi solidaritas mendukung Palestina yang rencananya akan dilakukan masyarakat pada Minggu 17 Desember 2017, merupakan “bentuk perhatian” yang diberikan rakyat Indonesia terhadap saudara-saudaranya di Palestina.

Hal ini sejalan dengan “komitmen, perhatian, dan sikap” pemerintah Indonesia terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina yang telah ditegaskan sejak Republik ini berdiri. Demikian disampaikan Kepala Negara setelah menghadiri Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu, 16 Desember 2017.

“Saya kira baik-baik saja. Semua yang berkaitan dengan dukungan terhadap Palestina saya kira sudah menjadi concern, sudah menjadi komitmen negara dan rakyat kita untuk terus berpihak kepada Palestina,” ujarnya.

Sebelumnya, saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul, Turki, pada Rabu kemarin, Presiden Joko Widodo mengusulkan enam poin penting bagaimana seharusnya negara-negara anggota OKI menyikapi polemik Palestina dan Israel terkini. Usulan-usulan tersebut banyak terakomodasi dalam Deklarasi Istanbul sebagai sikap resmi negara-negara OKI.

“Itu banyak terakomodasi dalam Deklarasi Istanbul, komitmen-komitmen kita dalam penyelesaian Palestina baik di PBB maupun komitmen negara lain dalam memberikan dukungan kepada Palestina,” tuturnya.

Reporter: Gumilar
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*