Pemkab Aceh Tamiang Gelar Pentas Seni dan Kebudayaan

(dok. KM) (dok. KM)

ACEH TAMIANG (KM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang membuka Pagelaran Pentas Seni Rakyat dan Budaya Kabupaten Aceh Tamiang Senin malam 18/12, di lapangan tribun Kantor Bupati. 
Pembacaan ayat suci Al-Qur’an dilantunkan sebagai penanda awal mulainya pelaksanaan acara tersebut, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh semua hadirin dan undangan.

Ketua panitia Drs. Mukhlis, kepala bidang di Dinas Pendidikan Aceh Tamiang, menyampaikan laporan pertanggungjawaban kegiatan. “Kegiatan pentas seni ini merupakan bentuk tanggung jawab dan juga merupakan sumbangsih dan kontribusi Dinas Pendidikan, dengan serangkaian acara yang menampilkan tarian adat, kuliner masakan khas Tamiang… Kegiatan ini bersumber dana dari APBK tahun 2017,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang Nora Indah Nita dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah “untuk melestarikan pengembangan destinasi budaya bahkan pariwisata daerah Kabupaten Aceh Tamiang serta meningkatkan partisipasi dan motivasi masyarakat, organisasi dan komunitas seni.”

“Namun yang terpenting sebagai wadah para perupa Aceh Tamiang untuk bebas berkarya memiliki identitas atau ciri khas tersendiri melalui sejarah masing masing,” ungkap Nora. 

Ikhwanudin selaku Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang turut menyampaikan bahwa kegiatan pentas seni rakyat dan budaya merupakan event budaya Tamiang yang mampu memotivasi budayawan dan seniman, melalui aktivitas dan melalui zaman untuk menjadikan budaya sebagai “marwah dari setiap perilaku kehidupan,  khususnya masyarakat Aceh Tamiang, sehingga kita bisa berjaya di kemudian hari,” katanya.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan serangkaian seni budaya, berupa pantun “Rampai Tamiang”, tari-tarian adat Aceh Tamiang dan dibidangkan berbagai macam kuliner masakan dan makanan khas Aceh Tamiang.

Reporter: Andi KM
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*