Mualem Himbau Pemerintah Kabupaten dan Kota Segera Kunjungi Para Korban Banjir

H Muzakir Manaf Ketua Pusat KPA/PA bersama rombongan saat Mengunjungi dan membantu Korban banjir diposko pungungsian wilayah pedalaman Aceh Utara, Gampong Buket Linteung Kecamatan Langkahan Selasa 5/12/2017 (dok. Azhar/KM)
H Muzakir Manaf Ketua Pusat KPA/PA bersama rombongan saat Mengunjungi dan membantu Korban banjir diposko pungungsian wilayah pedalaman Aceh Utara, Gampong Buket Linteung Kecamatan Langkahan Selasa 5/12/2017 (dok. Azhar/KM)

ACEH UTARA (KM) – Ketua pusat Komite Peralihan Aceh (KPA) H. Muzakir Manaf alias Mualem yang didampingi Panglima KPA Wilayah Pase Zulkarnaini Bin Hamzah serta Ketua DPRA/DPRK Teungku Muharuddin dan H Ismail A Jalil bersama sejumlah petinggi KPA/PA mengunjungi korban banjir di Pedalaman Aceh Utara, Selasa 5 Desember 2017.

Wilayah musibah yang dilanda banjir dikunjungi rombongan diantaranya Kecamatan Langkahan, Lhoksukon, Pirak Timu, Matang Kuli, Muara Batu dan Sawang.

Di Gampong Buket Linteung Kecamatan Langkahan  Pedalaman Aceh Utara, tampak para pengungsi yang berada di posko sudah menunggu kedatangan rombongan Mualem yang akan menyalurkan bantuan sembako kepada para korban bencana banjir.

Selain membawa bantuan sembako, Mualem juga memantau titik-titik banjir.

“Kepada korban bencana banjir saya harapkan agar banyak bersabar, karena ini adalah musibah dan ujian dari Allah, mudah-mudahan kedepan tidak ada lagi musibah yang seperti ini,” kata Mualem. 

Saat dimintai tanggapannya terkait lambatnya bantuan dari pemerintah daerah untuk para korban bencana banjir yang berada di pengungsian, Mualem mengimbau kepada pemerintah kota dan kabupaten agar mengunjungi para korban bencana banjir seperti ini.

“Terhadap pemerintah saya no comment lah, tapi sekedar menghimbau saya rasa, bolehlah, saya menghimbau kepada Pemkab/Pemko supaya datang dan mengunjungi rakyatnya yang menjadi korban banjir seperti ini, contohnya Ayahwa Ketua DPRK Aceh Utara, kan sudah datang bersama saya hari ini,” harap Mualem.

Rombongan Petinggi KPA/PA awalnya mengunjungi korban di Kecamatan Lhoksukon, lalu tidak lama berselang rombongan bergerak menuju wilayah pedalaman Aceh Utara dan ke sejumlah titik posko pengungsian lainnya di kabupaten tersebut.

Ketua DPR Aceh Tgk Muharuddin usai shalat maghrib saat dijumpai KM di halaman Mesjid Raya Pase Kota Panton Labu mengatakan, kunjungan pihaknya ke sejumlah lokasi musibah di Aceh Utara ini untuk mengunjungi para korban yang dilanda musibah banjir.

”Kunjungan kami untuk memastikan apakah para korban banjir sudah benar ada menerima bantuan yang didistribusikan pemerintah atau tidak,” ujar Tgk Muhar. 

Selain itu, dirinya juga berharap kepada pemerintah, khususnya Aceh Utara, agar benar-benar siap menghadapi bencana ini, misalnya memperhatikan kondisi kesehatan para korban banjir dan juga kesiapan lainnya.

‘Saya pikir, kondisi kesehatan para korban banjir juga sangat penting untuk diperhatikan. Biasanya para korban banjir rentan diserang oleh berbagai penyakit kulit dan lainnya,” kata Muhar.

Rombongan Petinggi KPA/PA  membawa sejumlah kebutuhan pokok untuk dibagikan ke sejumlah lokasi pengungsian dan dapur umum, walaupun kunjungan pihak Mualem bersama Ketua DPRA/DPRK  lebih kepada untuk memastikan apakah bantuan telah diterima oleh para pengungsi.

“Tadi pertama kita singgah di meunasah Dayah, kemudian Lhoksukon dan Baktya, kita sudah menyalurkan sembako berupa beras, Mie Instan, Minyak Goreng dan lauk pauk ke beberapa titik posko pengungsian, walau sedikit kewalahan, karena bisa dikatakan banjir menyeluruh di Aceh, hanya beberapa kabupaten saja yang tidak terendam banjir,” tuturnya. 

Teungku Muharuddin juga menyebutkan, dengan kondisi banjir seperti saat ini, maka tidak bisa berharap banyak. Namun, ia berharap Dinas Sumber Daya Air (SDA) agar melakukan verifikasi dan evaluasi menginventarisir sejumlah infrastruktur yang hancur akibat banjir.

Dalam rombongan tersebut turut hadir Ketua/Anggota DPRK Aceh Utara Ismail A Jalil atau Ayah Wa, Ismail Arahman (Linud) Panglima Muda Daerah IV Wilayah Pase, M Jhony, Panglima Sagoe dan sejumlah wartawan yang juga turut memantau sejumlah titik banjir di pedalaman Aceh Utara.

Reporter: Raz
Editor: HJA 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*