Gubernur Aceh Pimpin Prosesi Pelantikan Bupati Dan Wakil Bupati Aceh Tamiang 

Gubernur Aceh melantik Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Aceh Tamiang, Jumat 29/12/2017 (dok. KM)
Gubernur Aceh melantik Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Aceh Tamiang, Jumat 29/12/2017 (dok. KM)

ACEH TAMIANG (KM) – Wajah baru Pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang penuh dengan warna yang ditandai dengan puluhan karangan bunga ucapan pemberian selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati dalam acara prosesi pelantikan Bupati dan Wakil Bupati dengan masa jabatan 2018 – 2022. Acara pelantikan tersebut berlangsung di ruang Sidang Utama Gedung Dewan DPRK Aceh Tamiang, Jumat (29/12/2017).

Sebelum prosesi pelantikan dan pengangkatan sumpah berlangsung, pelaksanaan tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an serta pelantunan Shalawat Badar dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebagai penanda prosesi pelantikan dan pengucapan sumpah bagi Bupati dan Wakil Bupati baru akan segera berlangsung.

Selain itu, prosesi pelantikan Bupati dan wakil Bupati Aceh Tamiang dilanjutkan dengan membacakan surat keputusan menteri tentang pemberhentian dan  akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati lama serta tentang pengesahan pengangkatan Bupati dan Wabup Aceh tamiang periode 2018 – 2022, yang disampaikan oleh Fadlon selaku Ketua DPRK Aceh Tamiang yang langsung memimpin pelaksanaan pelantikan terhadap Bupati dan Wakil Bupati.

Dalam kata sambutannya, Fadlon yang menjabat sebagai Ketua DPRK Aceh Tamiang menyampaikan selamat kepada H. Mursil dan H. T. Insyafuddin atas telah dilantiknya pada hari ini dan mendapat kepercayaan untuk memimpin Kabupaten Aceh Tamiang.

“Semoga momentum pelantikan hari ini sebagai rekonsiliasi politik demi terciptanya suasana kondusif di Bumi Muda Sedia ini, dan kepada H. Hamdan Sati ST  dan Drs. Iskandar Zulkarnain MAP kami ucapkan terimakasih selama masa jabatannya telah men-Dharma Bhaktikan kerja dan karyanya untuk memimpin dan membangun Aceh Tamiang, semoga amal baktinya menjadi amalan tersendiri di sisi Allah SWT,” katanya. 

Di samping itu, H. Mursil yang didampingi H. T. Insyafuddin selaku Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang terpilih menyampaikan bahwa kemenangan pada Pilkada tahun 2017 adalah “kemenangan kita semua, dan harus senantiasa kita sadari bahwa kemenangan tersebut hanyalah langkah awal, kemenangan yang sebenarnya adalah apabila kami telah berhasil memberi manfaat bahwa kemajuan dan menghasilkan peningkatan bagi masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang,” ungkap Bupati terpilih. 

H. Mursil juga menambahkan bahwa dirinya berharap kepada Gubernur Provinsi Aceh dan Pemerintah Pusat kiranya dapat memberikan program dan kegiatan yang lebih banyak lagi untuk Kabupaten Aceh Tamiang, baik bersumber dana Otsus maupun dana transfer Pusat ke Daerah dikarenakan “masih banyak membutuhkan sentuhan pembangunan yang beekelanjutan dan berkesinambungan,” harapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Irwandi Yusuf selaku Gubernur Provinsi Aceh dalam menyampaikan melalui kata sambutannya, “secara garis besar program RPJM Aceh 2017-2022 yang kami siapkan untuk terwujudnya Aceh damai dan sejahtera melalui pemerintahan yang bersih, adil dan melayani. Visi ini akan diuraikan dalam beberapa program prioritas Aceh sejahtera (JKA Plus), Aceh SIAT (Sistem Informasi Aceh Terpadu), Aceh Carong, Aceh Energi, Aceh Meugoe dan Meulaot, Aceh Troe, Aceh Kreatif, Aceh Kaya, Aceh Peumulia, Aceh Dame, Aceh Meuadab, Aceh Teuga, Aceh Green, Aceh Seuninya dan Aceh Meumangot,” ungkap Irwandi. 

Gubernur Aceh juga mengingatkan bahwa ada 21 perusahaan di Aceh Tamiang yang mengembangkan usaha perkebunan, produksi kelapa sawit, karet, kelapa, pinang, nilam, dan lainnya, dengan harapan agar Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang mampu memanfaatkan sumber daya ini serta “menciptakan iklim yang kondusif bagi pengembangan investasi, raih kepercayaan investor dengan memberikan kemudahan, menghadirkan keamanan, kenyamanan, kepastian hukum dan proses pengurusan yang bebas pungli.”

“Terima kasih kepada H. Hamdan Sati, ST dan Dra. Iskandar Zulkarnain, MAP selaku Bupati dan Wakil Bupati periode yang lalu, dan selamat bekerja kepada H. Mursil, M.Kn dan T. Insyafuddin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang periode 2017-2022. Semoga dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” tutup Irwandi. 

Turut hadir dalam pelaksanaan pelantikan tersebut, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al haytar, anggota DPR-RI dan DPD RI, Kepala BNNP Aceh, pimpinan anggota DPRA, Pangdam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Kajati Aceh, Bupati dan wakil Bupati Aceh Tamiang, Ketua SPRK Aceh tamiang, Danrem, Dandim, Kapolres, Kajari, Ketua pengadilan negeri Kualasimpang, Sekda, pimpinan SKPK, Ketua KIP Aceh Tamiang, ketua dan anggota panwaslih Aceh Tamiang, para alim ulama, tokoh masyarakat, para ketua partai politik, para akademisi, perwakilan organisasi masyarakat, para wartawan dan dan seluruh undangan.

Reporter: Andi KM
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*