Kecamatan Langsa Barat Dominasi Lomba Asuhan Mandiri TOGA dan Akupresur Kota Langsa

LANGSA, ACEH (KM) – Desa Paya Bujoek Beuramo, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa meraih juara II lomba asuhan mandiri TOGA dan Akupresur se-Kota Langsa tahun 2017.
Sekretaris Daerah Kota Langsa, H. Syahrul Thaib menyerahkan piala dan uang pembinaan sebanyak Rp. 750.000  kepada Geuchik Paya Bujoek Beuramo Abdul Manaf setelah Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 Kota Langsa (13/11/2017) bertempat di Lapangan Merdeka Kota Langsa.

“Alhamdulillah gampong yang saya pimpin meraih juara II lomba ini, Insya Allah tahun 2018 kami akan dapat juara pertama,” ujarnya sambil menepuk bahu Geuchik Paya Bujoek Teungoh, Idris Ismail yang meraih peringkat satu.

Menurut informasi yang didapatkan KM dari website Dinas Kesehatan, asuhan mandiri atau self-care adalah suatu upaya yang dilakukan oleh manusia untuk mengatasi masalah kesehatan ringan yang dikeluhkan ataupun untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran bagi diri sendiri dan keluarga agar tidak mudah jatuh sakit.

Sedangkan asuhan mandiri kesehatan tradisional berarti selfcare yang dilakukan dengan obat dan metode tradisional. Dalam hal ini obat dan metode yang dilakukan adalah dengan pemanfaatan taman obat keluarga (TOGA) dan pijatan akupresur.

Taman obat keluarga atau TOGA adalah sekumpulan tanaman yang berkhasiat obat yang dapat ditanam di sekitar rumah dan kemudian dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Jenisnya sangat banyak, yang umum ditemukan misalnya temu-temuan, daun sirih, pegagan, dan lainnya.

Akupresur adalah metode pemijatan yang efektif untuk meningkatkan kesehatan ataupun mengatasi masalah kesehatan dengan melakukan penekanan pada titik tubuh tertentu. Misalnya tekanan pada titik di perpotongan garis tegak lurus dari sudut kuku jari kelingking sebanyak 30 kali, sangat efektif untuk memperlancar ASI pada ibu menyusui.

Kepala Puskesmas Langsa Barat Ayu Artlinta, menceritakan kepada media bahwa tahun ini, semua pemenang lomba asuhan mandiri toga dan akupresur diraih oleh gampong dalam wilayah Kecamatan Langsa Barat.

“Juara satu diraih oleh Gampong Paya Bujoek Teungoh, juara kedua Gampong Paya Bujoek Beuramo dan juara tiga diraih oleh Gampong Matang Seulimeng,” ujar Ayu dengan semangat.

Lanjut Ayu menjelaskan, Puskesmas mempunyai tugas membina upaya pengobatan tradisional dalam bentuk melestarikan bahan-bahan tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan tradisional dan melakukan pembinaan terhadap cara-cara pengobatan tradisional.

Reporter: Yuni
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*