[FOTO] Pohon Tumbang Tutup Jalur Puncak, Lalu Lintas Lumpuh

BOGOR (KM) – Angin kencang menumbangkan sebuah pohon besar di Jl. Raya Puncak, Kecamatan Megamendung, hingga menimpa sebuah kendaraan Toyota Avanza bernopol B-1439-FKH. Akibat tumbangnya pohon di lokasi tersebut, lalu lintas sempat lumpuh dan warga tidak bisa melintas. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

“Pelaksanaan proses evakuasi dilaksanakan ketika Pihak Satlantas Polres Bogor mengetahui ada jalur yang terhambat macet dikarenakan pohon tumbang pada hari Kamis tanggal 30 November 2017 sekira pukul 13.00 WIB tepatnya di depan RM. Cibogy Kec. Megamendung Kab. Bogor,” bunyi laporan yang diterima KM dari pihak Polres Bogor siang ini.

Pohon tersebut diduga tumbang akibat oleh hujan deras yang akhir-akhir ini melanda wilayah Puncak, yang disertai angin kencang hingga menyebabkan beberapa pohon tumbang yang melintang di jalan raya.

“Langkah yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Bogor adalah melakukan pengaturan dan rekayasa lalu lintas, memanggil alat berat Belco untuk evakuasi, koordinasi dengan tagana dan BPBD Kab Bogor, melakukan evakuasi pohon tumbang, penutupan arus saat evakuasi, berkoordinasi dengan pihak Jasa Marga Jagorawi terkait pemasangan Running Text tentang pengalihan arus di KM 39 Tol Jagorawi arah Gadog,” lanjut rilis tersebut.

Pihak Polres juga segera melakukan survey, bersurat dan berkoordinasi dengan “instansi terkait” tentang pemangkasan serta penebangan pohon yang dianggap rawan tumbang di wilayah Jalur Puncak, Bogor.

“Untuk ke depan akan dilaksanakan pemberitahuan himbauan kepada para pengendara yang melintas di jalur Puncak untuk tetap memperhatikan keselamatan, karena cuaca yang tidak menentu dengan curah hujan tinggi akhir-akhir ini agar tidak memarkir kendaraan atau berteduh di bawah pohon.

Akhirnya, evakuasi pohon tumbang yang dilaksanakan dengan bekerjasama dengan instansi terkait beserta unsur elemen masyarakat pun terlaksana hingga jalur Puncak kini sudah dapat dilalui kembali.

Reporter: ayub
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*