Rumah Tahfidz Imam As-Syafi’i Tanamkan Nilai Keislaman dan Cinta Lingkungan

Santri Rumah Tahfidz Imam Syafi'i saat kerja bakti bersihkan lingkungan (dok. KM)

BREBES (KM) – Wilayah Kabupaten Brebes, tepatnya di Desa Kalibuntu masyarakatnya dalam 4 tahun terakhir ini mulai semarak dengan berdirinya tempat pembinaan Al-Qur’an. Salah satunya Rumah tahfidz Imam As Syafi’i Kalibuntu,  Karang Tengah Losari, Brebes. 

Dalam pantauan awak media kupasmerdeka saat berada di wilayah tersebut 14/10, Menang Selamet, salah satu tokoh masyarakat di wilayah tersebut memaparkan, “Keberadaan Rumah Tahfidz Imam Syafi’i merupakan wadah yang menyejukkan lingkungan. Anak-anak di kampung ini bisa mengenal nilai keimanan dan keislaman sebagai bekal dan pondasi kejujuran sosial saat anak memasuki usia dewasa kelak,” katanya. 

Tidak hanya diberikan bimbingan keagamaan dan nilai wawasan keislaman,  Rumah Tahfidz Imam Syafi’i kerap mengajarkan pada para santrinya bagaimana menciptakan lingkungan yang bersih dan asri. Hal tersebut disampaikan oleh kepala sekolah, Romlah.

“Rumah Tahfidz Imam Syafi’i memiliki 40 santri yang semuanya diberikan secara gratis kepada para santri yang mayoritas warga desa sekitar,” tambahnya. 

“Santri juga harus mengenal lingkungannya guna menjaga kebersihan seperti mengadakan kerja bakti di lingkungan sekitar yang dilakukan saat ini. Tujuannya untuk meningkatkan kerjasama antar santri dan lingkungan bahwa inilah aplikasi dari ajaran Islam yang cinta kebersihan karena kebersihan itu adalah sebagian daripada Iman,” pungkas Romlah.

Reporter: Gie
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*