PLN GITET Cibinong Tasyakuran Peresmian Trafo Baru

BOGOR (KM) – Interbus Transformer (IBT) unit #3 Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cibinong resmi beroperasi mulai hari ini di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Senin (30/10/2017). Peresmian tersebut sekaligus tasyakuran dengan mengadakan santunan anak yatim.
Tasyakuran peresmian beroperasinya trafo baru penambahan daya di PLN GITET Cibinong tersebut juga dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan penghargaan.

Dengan beroperasi penambahan daya itu juga, PLN kini mampu menghemat anggaran hingga Rp. 3,5 trilyun dalam setahun.

Peresmian ini menambah satu lagi infrastruktur ketenagalistrikan yang dibangun oleh PLN Unit Induk Jawa bagian Tengah II, untuk memaksimalkan layanan listrik dari PLN khususnya suplai daya ke sebagian Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Direktur Bisnis Regional Bagian Tengah, Amir Rosidin, bersyukur PLN sudah menyelesaikan “proyek besar” itu.

“Proyek IBT #3 Cibinong ini dikontrak dalam 15 bulan, namun penyelesaian selama 3 bulan sudah dapat dioperasi. Sekaligus menghemat pengeluaran sebanyak sekitar 3 triliun per tahunnya, untuk penguatan sub sistem Kota maupun Kabupaten Bekasi Raya,” terangnya.

Menurut Manager PLN Unit Pelaksanaan Proyek Jaringan Jawa Bagian Tengah 4, Zaky Adikta, dengan dibangunnya Trafo IBT #3 Cibinong maka PLN mampu mentransfer daya listrik sebesar 500 MVA dari tegangan 500 kV menjadi tegangan 150 kV. Penyaluran daya listrik tersebut mampu memperkuat keandalan pasokan listrik di wilayah Bogor dan Bekasi.

“Percepatan penyelesaian pembangunan trafo IBT 3 ini bukan tanpa kendala, dengan komunikasi dan sinergi dari semua stake holder, alhamdulillah kendala-kendala tersebut dapat teratasi. Dan kami persembahkan IBT #3 ini sebagai kado Hari Listrik Nasional ke-72,” jelas Zaky kepada wartawan.

Sementara itu, menurut General Manager PLN UIP JBT II, Amihwanuddin menjelaskan bahwa percepatan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, namun selain itu beroperasinya IBT #3 Cibinong dapat memberikan manfaat bagi PLN untuk menekan biaya pokok produksi tenaga listrik.

Reporter: yudhi/red
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*