Warga Babakan Parung Tuding Tanahnya Dijual Tanpa Persetujuannya, Pihak Pemdes Enggan Transparan

Warga memperlihatkan lokasi tanah di Desa Babakan, Kecamatan Ciseeng yang diduga telah
Warga memperlihatkan lokasi tanah di Desa Babakan, Kecamatan Parung yang diduga telah "diserobot" (dok. KM)

BOGOR (KM) – Tanah dengan luas kurang lebih 896 meter persegi dari pemilik atas nama Almarhum Saing bin Endeng dengan ahli warisnya Juhri bin Saing (57) yang terletak di RT 03/01 Desa Babakan, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor diduga diserobot dan dijual oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pasalnya, menurut Juhri, sejak tahun 1989 tanah tersebut sudah diwakafkan ke pihak Dinas Pendidikan oleh Sarmadi yang merupakan  kakak sepupu dari pemilik tanah Almarhum Saing bin Endang. “Tetapi saya pribadi serta keluarga sebagai ahli waris (anak kandung) tidak pernah merasa menjual atau mewakafkan ke pihak manapun dan tidak menandatangani dari surat-surat untuk menjualnya,” tutur Juhri.

Sambung Juhri, saat mempertanyakan kepada Sarmadi, ia mengaku bahwa tanah tersebut memang sudah diwakafkan ke Dinas Pendidikan.

Ronny selaku ketua LSM KIPAD yang sudah dikuasakan permasalahan tersebut mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan investigasi ke pihak Desa, dimana pihak Desa tidak ada transparansi untuk mengklarifikasi kondisi tanah tersebut, dan sampai saat ini belum ada titik terang.

“Pihak Desa Babakan harus secepatnya bisa menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh alih waris, sebab mereka telah dirugikan,” lanjut Ronny.

“Dalam hal ini pihak kami sudah mengkonfirmasi ke pihak desa, namun mereka berjanji untuk hari ini Rabu (6/9) untuk mengadakan musyawarah tetapi pihak desa tidak hadir dan menghindar, namun dari beberapa orang yang berkaitan pun tidak ada yang hadir,” tegasnya.

Reporter: Man/Eky
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: