Pertahankan Budaya, Disbudpar Bogor Gelar Kegiatan Sedekah Bumi

Kabid Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Bogor (berbaju putih) menerima kunjungan dari pemerhati budaya (dok. Irfan/KM)
Kabid Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Bogor (berbaju putih) menerima kunjungan dari pemerhati budaya (dok. Irfan/KM)

BOGOR (KM) – Maraknya budaya asing yang masuk ke negeri ini, khususnya di kabupaten Bogor, membuat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor kerja ekstra dalam usaha mempertahankan budaya yang ada sehingga tetap terjaga dan lestari, salah satunya dengan mengadakan kegiatan syukuran atau Seren Tahun atas hasil bumi yang telah diperoleh dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat selama satu tahun terakhir.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar kabupaten Bogor, ritual yang dilakukan merupakan bentuk ucapan syukur hasil bumi yang berlimpah dan dirasakan masyarakat luas.

“Kami akan segera menggelar kegiatan kebudayaan ini di wilayah Kecamatan Leuwiliang dan Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor,” ucapnya kepada Kupas Merdeka saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 24/10.

“Seperti kegiatan sedekah bumi ini, dan kegiatan ini merupakan kebudayan yang telah ada sejak lama, juga seperti budaya [di kampung budaya] Sindangbarang yang telah dilaksanakan,” lanjutnya.

Selain itu, kata dia, tidak dapat di pungkiri anak-anak generasi sekarang lebih condong terhadap budaya asing, “sehingga kita harus dapat pertahankan budaya asli Tanah Sunda.”

“Seperti dunia teknologi dan informasi yang terus berkembang dan tak tertahankan, karena itu harus tetap dilestarikan budaya yang ada, hal itu agar kebudayaan di Indonesia tidak hilang dan tak tergerus oleh zaman,” pungkasnya. (Irfan Damar Sinaga)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*