Tabrakan Kereta di Cicalengka Bandung Akibatkan 3 Orang Meninggal Dunia

Evakuasi kecelakaan kereta di Cicalengka, Kabupaten Bandung, (foto_ detik_jabar_wisma)

BANDUNG (KM) – Terjadi insiden tabrakan kereta api yang melibatkan KA Turangga (KA Plb 65A) dan KA Commuterline Bandung Raya (KA 350) di Cicalengka, Jawa barat, yang menyebabkan tiga orang meninggal dunia. Kecelakaan tersebut terjadi pada pukul 06:03 wib, (5/1).

 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Kementerian Perhubungan menyampaikan permohonan maaf dan duka cita mendalam atas insiden tersebut.

 

KA Turangga diketahui berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Bandung. Sedangkan KA Commuter Line Bandung Raya berangkat dari Stasiun Padalarang menuju Cicalengka.

 

Keduanya lalu terlibat tabrakan di KM 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1) pukul 06.03. Kecelakaan menyebabkan bagian depan kereta mengalami rusak berat.

 

“Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan turut prihatin dan berduka cita atas korban terdampak akibat insiden di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Bandung, pada lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 tanggal 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal dalam keterangannya, Jumat (5/1).

 

Sebanyak tiga orang dilaporkan tewas akibat kecelakaan ini, salah satunya adalah masinis kereta yang sempat terjepit. “Masinis sudah berhasil (dievakuasi), jadi masinis dikonfirmasi dibawa ke RSUD Cicalengka bersama dengan asisten masinis, dan pramugara. Kondisi meninggal,” ujar Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo, dikutip dari detiknews.

 

Kombes Kusworo menjelaskan masinis dan asisten masinis itu berada di kereta lokal, sedangkan pramugara yang meninggal dunia adalah pramugara KA Turangga.”Satu masinis, satu asisten masinis, satu pramugara (meninggal dunia). Pramugaranya turangga, kalau masinis sama asistennya di KRD,” jelasnya.

 

Sebagai upaya lanjutan, KAI tengah melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur-Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

 

Selain itu, KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan kami sampaikan pada kesempatan selanjutnya.

Reporter: Bayu

Editor: red

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*