Bayar Pajak di Bengkulu Lebih Mudah dengan Samsat Virtu dan Samsat Drive Thru

Samsat Bengkulu saat melakukan pelayanan kepada masyarakat
Samsat Bengkulu saat melakukan pelayanan kepada masyarakat

BENGKULU (KM) – Pemerintah Provinsi Bengkulu meluncurkan layanan pajak kendaraan bermotor berbasis digital yang dinamakan “Samsat Virtu” dan “Samsat Drive Thru”. Layanan ini merupakan inovasi baru sebagai alternatif tempat pembayaran pajak kendaraan yang aman bagi masyarakat maupun bagi petugas pelayanan Samsat, terutama di tengah pandemi covid-19. Sasarannya adalah generasi milenial serta para pekerja di perkotaan yang mendambakan pelayanan mudah, cepat dan modern.

“Ini menggambarkan bahwasanya kita harus selalu berinovasi mengikuti irama kehidupan di sekitar kita, salah satunya dengan mengikuti perkembangan teknologi. Dengan demikian pelayanan publik tidak menjadi beban, namun mempermudah dan mempermudah masyarakat,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri dalam sambutannya mewakili Gubernur Bengkulu dalam launching Samsat Virtu dan Samsat Drive Thru di halaman Gedung Balai Buntar Bengkulu pada Jumat sore 28/8.

Peluncuran itu dimulai dengan penandatanganan prasasti dan dibukanya layanan Samsat Virtu dan Samsat Drive Thru oleh petugas yang menggunakan kostum superhero. Pada kesempatan ini pula Pemda Provinsi Bengkulu menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Tim Pembina Samsat Provinsi Bengkulu beserta instansi di luar Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah berkontribusi dan berinovasi dalam program untuk mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor. Apresiasi ini ditandai dengan penyerahan penghargaan dari Gubernur Bengkulu kepada Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Bengkulu Kombes. Pol. Budi Mulyanto selaku Koordinator Pembina Samsat.

Samsat Virtu dan Samsat Drive Thru merupakan kolaborasi dari Pemda Provinsi Bengkulu melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Ditlantas Polda Bengkulu, serta Jasa Raharja.

Untuk diketahui, layanan Samsat Virtu dengan slogan “Urusan Gampang Nian

Advertisement
” sebagai tindak lanjut layanan di luar jam kerja. Bila biasanya pelayanan dilakukan pada jam kerja, maka Samsat Virtu beroperasi pada pukul 15.00-21.00 WIB. Hal ini memungkinkan masyarakat bisa memenuhi kewajiban pajak kendaraan tanpa mengganggu aktivitas kesehariannya.

Sedangkan Samsat Drive Thru dengan slogan “Bayar Pajak Cukup dari Kendaraan” membuat wajib pajak melaksanakan kewajibannya dalam waktu yang sangat singkat dan mudah, tanpa harus turun dari kendaraannya.

“Dalam layanan ini, pemilik kendaraan dapat dengan mudah melakukan pembayaran pajak tanpa harus melalui proses yang panjang. Melalui Samsat Drive Thru wajib pajak hanya memerlukan wajtu dua menit saja, sangat singkat dan tidak harus berlama-lama antre,” terang Dirlantas Polda Bengkulu Kombes. Pol. Budi Mulyanto

Sementara itu, Asisten Deputi Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Jeffrey Erlan Muller yang turut hadir menyebutkan, pada masa pandemi layanan secara virtual memang meningkat dan terbukti memudahkan kinerja.

“Pada saat bekerja dari rumah bukan berarti layanan publik terhenti, layanan tetap jalan dan itu terbukti lebih cepat dan lebih mudah,” imbuhnya.

Yudi, salah seorang wajib pajak yang telah menggunakan layanan Samsat Virtu kepada Media Center mengatakan layanan tersebut sangat membantunya melaksanakan kewajiban.

“Saya selaku warga sangat terbantu karena bisa bayar pajak sore hari, kalau hari-hari biasanya terkendala waktu kerja jadi sulit untuk cari waktu yang pas. Adanya program Samsat yang baru ini sangat memudahkan kami,” demikian Yudi.

Reporter: Rls/KM Bengkulu
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*