Disdik Jawa Barat Siap Gelar Jambore Literasi Provinsi

Kepala BPPTK Disdik Provinsi Jabar Asep Suhanggan saat menghadiri Rakor persiapan Jambore Literasi Jabar (dok. KM)

BANDUNG (KM) – Sejak tahun 2015 pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan Program Literasi Nasional. Hal tersebut oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat disambut positif dengan dicanangkannya Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Bahkan Aher membuat tantangan kepada para pendidik untuk melaksanakan membaca 24 buku selama 10 bulan. Dinas Pendidikan Provinsi Jabar menjawab tantangan tersebut dengan mengadakan Jambore Literasi Provinsi Jawa Barat yang akan diadakan 1-2 November 2017 mendatang.

Berdasarkan data Disdik Jabar, Jambore itu akan diikuti 2041 peserta. Saat wartawan KM mengkonfirmasi kepada Kepala BPPTK Disdik Provinsi Jabar Asep Suhanggan di ruang kerjanya kemarin 26/10, ia memaparkan bahwa Jambore literasi provinsi Jabar baru pertama kali dilaksanakan.

“Saya menganggap ini tantangan dari Gubernur Jabar untuk menjabarkan program Gelis. Untuk acara besok diadakan 1-2 November 2017 adalah para siswa SD-SMP. Pelaksana kami delegasikan kepada PGRI Provinsi Jabar… Anggaran diambil dari APBD Provinsi Jabar. Untuk mengamankan acara saya bersama panitia telah berkoordinasi dengan Polres Jatinangor Sumedang agar mengantisipasi arus lalu-lintas serta pengamanan pada saat pelaksanaan di lokasi Jambore. Hal inipun kami menambahkan anggota Saka Bhayangkara untuk membantu pengamanan, termasuk mengantisipasi cuaca pada saat pembukaan acara tersebut,” terang Asep. 

“Harapan saya acara besok bisa terus menyadarkan serta menyemangati siswa untuk menumbuhkan minat baca yang merupakan komponen dari literasi dan dengan hal inilah gerbang awal untuk menyelesaikan krisis moral, krisis akhlak menuju bangsa yang maju dan mandiri,” pungkas Kepala BPPTK Disdik Provinsi Jabar itu. 

Reporter: Arkan
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*