Hadapi Potensi Banjir, Pemkot Depok Gelar Apel Siaga

Apel Siaga Depok
Apel siaga yang diadakan oleh Pemkot Depok untuk mempersiapkan menghadapi potensi banjir dan bencana pada musim penghujan (dok. KM)

Untuk menghadapi musim penghujan dan menghadapai banjir dan berpotensi banjir, pemerintah kota (Pemkot) Depok bergerak cepat dengan menggelar apel siaga dalam menghadapi bencana banjir. Apel siaga banjir yang dilaksanakan di lapangan balai kota Depok langsung dipimpin Dandim, Kapolres, Sekda Kota Depok, OPD-OPD terkait, tenaga kesehatan dan pemadam kebakaran.

Menurut Komando Distrik Militer (Dandim), hadirnya musim penghujan ini kemungkinan potensinya adalah longsor, banjir ataupun kebakaran. “Oleh karena itu kita harus mempersiapkan untuk penanggulangannya. Kami tetap berharap di Kota Depok ini tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, akan tetapi bukan kita berharap tapi kita harus tetap siaga,” tegasnya.

Lanjutnya, titik-titik banjir yang ada di Kota Depok ialah di Wilayah Beji, Tapos dan Cimanggis. “Dengan kehadiran personil yang ada hari ini adalah sekitar 800 orang lebih. Dalam hal ini ditunjang juga oleh peralatan yang diperlukan, seperti halnya dari Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, perahu-perahu karet, peralatan dapur serta peralatan lainnya yang dibutuhkan,” katanya.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk mempersiapkan personil-personil dalam mempersiapkan penanggulangan bencana, sasarannya supaya kita tidak kewalahan pada saat terjadi bencana, agar masyarakat juga ikut waspada dalam penanggulangannya. Kita juga dalam Apel Siaga Bencana ini dapat terbentuk dan tersusun personil-personilnya serta seberapa banyak kekuatan yang sudah ada. Jadi titik-titik yang tadi sudah disebutkan di atas supaya di jaga lebih waspada dan supaya lebih cepat cara penanganannya,”pungkasnya. (Andri JN )

Leave a comment

Your email address will not be published.


*