Bupati Bogor, Ketua DPRD Resmikan Kantor Kepala Desa Batujajar

Kantor Kepala Desa Batujajar yang baru di Desa Batujajar, Kecamatan Cigudeg. (dok. KM)
Kantor Kepala Desa Batujajar yang baru di Desa Batujajar, Kecamatan Cigudeg. (dok. KM)

CIGUDEG, BOGOR (KM) – Untuk menunjang pelayanan masyarakat yang lebih baik, tentu harus didukung oleh sarana dan prasarana yang baik pula,  dengan memakan waktu hampir satu tahun dan biaya Rp. 795 juta yang bersumber dari bantuan pemerintah daerah Kabupaten Bogor sebesar Rp. 40 juta dan dari swadaya masyarakat yang begitu tinggi, berdirilah kantor desa yang megah dan siap melayani publik dengan mengedepankan indeks kepuasan publik.

Melihat nominal bantuan yang diberikan pemerintah kabupaten Bogor memanglah jauh dari kata cukup, tapi dengan kepemimpinan dan kecakapannya, Kades Batujajar, Afendi, mampu mengajak dan mengkoordinir semua elemen masyarakat bersatu bahu membahu membangun kantor desanya dengan total anggaran mencapai Rp. 795 juta

Dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas dan ruangan yang begitu nyaman tentu diharapkan dapat memberikan pelayanan publik yang memuaskan. Menyinggung masalah jalan yang masih jelek, Camat Cigudeg Acep Tajidin mengharapkan pemerintah daerah kabupaten Bogor memprioritaskan alokasi anggaran untuk pembangunan insfratuktur jalan kabupaten melintasi desa Batujajar yang rusak parah. Jalan ini menghubungkan kecamatan Cigudeg dan kecamatan Rumpin.

Langkah Jaro Kengkong, panggilan akrabnya, membangun kantor Desa banyak mendapatkan apresiasi tinggi dari semua tamu undangan, tak terkecuali dari ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi atau akrab disebut Jaro Ade. “Dalam memberikan pelayanan yang baik, langkah awal yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan tempat. Saya bangga Jaro Kengkong mampu mengajak masyarakatnya berpartisipasi membangun kantor desa yang begitu megah. Kades harus menjadi ujung tombak, menjadi user atau konseptor dalam melakukan pembangunan di segala bidang, dalam menggali potensi di harapkan melakukan inovasi mengembangkan program kerja yang potensial dengan para pengusaha untuk peningkatan indeks pendapatan masyarakat,” tegasnya.

Hal ini diperkuat dengan berlakunya undang-undang desa no. 6 tahun 2014 yang mewajibkan kepala desa menjalankan program paket desa membangun, yang bertujuan untuk pembangunan desa, pembinaan masyarakat desa, pemberdayaan masyarakat desa untuk peningkatan indeks pendapatan masyarakat dan daya beli masyarakat.

jaro ade di batujajar

Ketua DPRD Bogor, Ade Ruhandi atau Jaro Ade, memberi sambutannya pada peresmian Kantor baru Kepala Desa Batujajar, Cigudeg (dok. KM)

Dalam sambutan yang dibacakan oleh seketaris daerah kabupaten Bogor, Bupati Bogor Nurhayanti menegaskan bahwa kepala desa harus bisa mempelajari produk-produk hukum terbaru tentang penyelenggaraan pemerintah desa. “Ia juga harus berinisiatif mengembangkan program kerja yang potensial, meningkatkan partisipasi pendidikan dengan memberikan investasi di bidang pendidikan, membudayakan hidup sehat dan upaya peningkatan daya beli masyarakat melalui program ekonomi masyarakat,” tegasnya

Telah diresmikannya kantor desa Batujajar oleh Bupati Bogor yang diwakili Sekda kabupaten Bogor, Adang, ketua DPRD Jaro Ade dan dihadiri oleh tamu undangan diharapkan dapat memberikan pelayanan masyarakat yang optimal dan diisi oleh sumber daya manusia yang handal dengan mengedepankan kepuasan publik. (Dian Pribadi)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*