Disdikbud dan IPSI Kabupaten Serang Gelar Pentas Seni Budaya Pencak Silat di Ciomas

SERANG (KM) – Kegiatan pengembangan kebudayaan di bidang seni budaya pencak silat di wilayah Kabupaten Serang oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang diikuti oleh 30 Paguron dari 29 Kecamatan di Kabupaten Serang, Rabu 10/11.

Pentas seni budaya yang digelar secara virtual tersebut diantaranya diikuti oleh 3 (tiga) Paguron yaitu Paguron Situ Gede Ciomas pimpinan Bapak Eli, Paguron Puser Negara Ciomas pimpinan Bapak Hafidz, dan Paguron Lutung Kasarung pimpinan Kasepuhan Abah Saniin. Adapun kegiatan pentas seni berlangsung di kediaman Paguron Lutung Kasarung Abah Saniin yang bertempat di Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang.

Asep Nugraha selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang menerangkan melalui zoom meeting, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan gairah para pelaku seni budaya pencak silat agar di masa pandemi covid 19 ini para pelaku seni budaya pencak silat tetap bisa berkarya dan berdaya dalam kegiatan pengembangan pentas seni budaya pencak silat.

“Pengembangan pentas seni budaya pencak silat jurus Kaserangan yang digagas oleh Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah, Alhamdulillah sudah dicoba untuk berlomba dalam Festival seni budaya pencak silat di tingkat provinsi dan menjadi pemenang juara 1,” jelas Asep.

“Bahkan tahun 2021 dicoba mengikuti event Festival tingkat dunia virtual yang dilaksanakan oleh Federasi Pencak Silat Tradisional Internasional (FPSTI) yang diwakili oleh paguron Sinar Pusaka Putra Banten dipimpin oleh Kasepuhan Abah Jami dan keluar sebagai pemenang juara 1 dalam kategori berkelompok,” lanjut Asep.

Advertisement

Sementara itu, Bupati Serang Hj Ratu Tatu Chasanah melalui zoom meeting mengatakan jika dirinya akan terus mendorong pelaku seni budaya pencak silat agar ditahun yang akan datang jurus Kaserangan akan lebih dikenal bukan hanya di Kabupaten Serang melainkan diseluruh Kabupaten Kota Provinsi, bahkan dunia.

“Semoga ditahun yang akan datang kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan bidang budaya yaitu kegiatan Pentas seni paguron akan terus dilaksanakan dan akan ditambah kuota serta anggarannya,” lanjut Bupati Serang.

Terpisah, Sekjen IPSI Kabupaten Serang, Medi subandi, mengatakan bahwa pengembangan pentas seni budaya pencak silat dan jurus Kaserangan akan selalu dilestarikan dan dikembangkan guna menjadi jurus wajib kebanggaan pelaku seni budaya pencak silat di Kabupaten Serang agar jurus kaserangan ini membawa juara mendunia,” ujar Medi kepada kupasmerdeka.com.

“Ucap syukur terima kasih kepada Ibu Bupati Serang beserta dinas pendidikan dan kebudayaan, kabid budaya beserta jajaran yang telah mendukung kegiatani ini, semoga pentas seni budaya pencak silat tahun depan terus berkarya dan berdaya,” tutup Medi.

Reporter : Acun Sunarya
Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: