Ketua DPRD Sukabumi Sambut Upaya Syam Permana Tuntut Royalti atas Lagu-lagu Dangdut Ciptaannya

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat menyambangi rumah pencipta lagu dangdut Syam Permana (dok. KM)
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat menyambangi rumah pencipta lagu dangdut Syam Permana (dok. KM)

SUKABUMI (KM) – Pencipta lagu dangdut bernama Syam Permana hingga saat ini masih memperjuangkan hak-haknya atas karya cipta lagu-lagunya, yang masih dinyanyikan oleh artis dangdut ibu kota yang enggan berbagi royalti kepadanya.

Upaya Syam Permana dalam menuntut haknya atas karya cipta lagu-lagunya tersebut didampingi oleh kuasa hukum dari Sembilan Bintang & Partner, melalui upaya hukum non litigasi melalui surat menyurat kepada perusahaan industri musik yang sampai saat ini masih mempergunakan lagu-lagu ciptaan Syam.

Upaya pria yang bernama asli Syamsudin tersebut mendapat sorotan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara, yang menyambangi kediaman sang maestro pencipta lagu dangdut tersebut di Kampung Babakan Jawa RT 42/18 Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Jumat 2/4.

Kedatangan Yudha merupakan bentuk perhatian atas kondisi seniman itu, yang telah menciptakan karya-karya di dunia musik dangdut Indonesia sejak tahun 80’an.

Dalam kunjungan, Yudha menyampaikan rencananya untuk merenovasi rumah milik Syam Permana, yang akan direalisasikan secepatnya, dan berjanji ke depannya akan memberikan ruang aktualisasi bagi Syam dan seluruh seniman di Kabupaten Sukabumi.

Dalam agenda tersebut Syam Permana juga menyanyikan beberapa lagu ciptaannya di depan legislator, dan menyanyikan bersama-sama.

Advertisement

“Saya kaget dan terharu didatangi oleh Ketua DPRD yang langsung ke rumah, dan saya sangat berterima kasih atas respon dari Kang Yudha, yang telah membantu saya dan keluarga,” ujar Syam.

Di tempat yang sama Kuasa Hukum Syam Permana, R. Anggi Triana Ismail menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kedatangan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi. “Kedatangannya mempunyai rencana baik terhadap klien kami,” ungkap Anggi.

“Ya sebelumnya memang kami telah menyampaikan beberapa hal terkait kondisi klien kami kepada beliau melalui surat permohonan perlindungan hukum,” lanjutnya.

“Dan Alhamdulillah beliau responsif, saya sempat meneteskan air mata, karena kali pertamanya saya melihat Bapak Syam Permana dan keluarga bergembira, dan lepas di hadapan pelupuk mata saya,” ujar Anggi.

Tentunya, lanjut Anggi, pihaknya akan terus memperjuangkan hak-hak kliennya, “hingga apa yang seharusnya menjadi hak klien kami dapatkan secara hukum yang sah.”

“Ya ada hak dari klien kami karena sampai saat ini masih banyak artis Ibu Kota yang menggunakan lagu ciptaan klien kami tanpa berbagi royalti yang seharusnya didapatkan klien kami,” tutup Anggi.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: