Bupati Subang Janji Cepat Selesaikan Masalah Petani Sanghyang Sri

(dok. KM)
(dok. KM)

SUBANG (KM) – Bupati Subang Ruhimat mengadakan silaturahmi sekaligus audiensi dengan petani Sanghyang Sri di komplek persawahan Sanghyang Sri, Ciasem, Selasa 27/4.

Kedatangan Bupati Subang tersebut merupakan tindak lanjut atas surat yang dilayangkan para petani Sanghyang Sri kepada Dinas Pertanian yang kemudian direspon positif oleh Bupati yang kemudian berkenan hadir langsung ke lokasi tersebut.

Hadir pada kesempatan tersebut mendampingi Bupati Subang, Sekda Subang, Plt. Kadis Pertanian, Camat Ciasem, unsur Muspika Ciasem dan para tokoh tani setempat.

Dalam kesempatan tersebut para petani Sanghyang Sri menyampaikan aspirasi dan berbagai permasalahan yang kini dihadapi terkait dengan berbagai aturan dan kebijakan PT. Sanghyang Sri yang dianggap tidak berpihak pada para petani, salah satunya terkait aturan pembelian hasil panen yang aturannya diubah secara sepihak oleh pihak perusahaan tanpa melibatkan para petani.

Menurut perwakilan para petani, Eman dan Santoso, ada pembayaran hasil panen terdahulu yang belum diselesaikan oleh pihak perusahaan dan tidak ada perjanjian tertulis terkait pembayaran tersebut sehingga para petani merasa tidak memiliki kepastian.

Advertisement

Eman mengatakan, saat ini posisi PT sudah seperti calo yang menjual hasil panen petani kepada bandar padi, yang seharusnya tugas PT adalah menyediakan persediaan benih.

“Mohon bantuan bapak Bupati, kami berharap agar semua kembali seperti aturan awal,” tandas Herman, mewakili aspirasi petani lain.

Bupati Subang dalam kesempatan tersebut menyampaikan keprihatinannya atas apa yang disampaikan para petani dan memerintahkan dinas terkait untuk mengkonfirmasikan hal tersebut serta berjanji akan mengundang pihak Sanghyang Sri untuk duduk bersama dengan para petani untuk mendapatkan solusi atas permasalahan yang terjadi.

“Saya harap semua bersabar, jangan ada tindakan-tindakan anarkis, saya akan dorong agar ini cepat diselesaikan,” ujar Ruhimat.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: