Gubernur Bengkulu Gratiskan Pengurusan Perizinan bagi Nelayan Selama 3 Bulan ke Depan

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berjumpa dengan para nelayan Bengkulu, Jumat 3/7/2020 (dok. MC Humas Pemprov Bengkulu)
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berjumpa dengan para nelayan Bengkulu, Jumat 3/7/2020 (dok. MC Humas Pemprov Bengkulu)

BENGKULU (KM) – Perwakilan nelayan tradisional Bengkulu, H. Adar, menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah serta unsur terkait atas dimudahkannya pengurusan perizinan kepada nelayan.

“Karena keterbatasan waktu dan fasilitas kami tidak bisa mengakses, tadi sudah disampaikan oleh bapak sangat mudah untuk diakses oleh saudara – saudara kita, terima kasih kami ucapkan,” ungkap Adar. Gubernur Bengkulu menggratiskan biaya administrasi pengurusan perizinan nelayan selama 3 bulan, mulai Juli hingga September 2020.

Adapun perizinan yang dimaksud adalah Surat Izin Usaha Perikanan, Surat Izin Penangkapan Ikan dan Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan.

Terkait hal tersebut, saat meresmikan Percepatan Perizinan Sektor Kelautan dan Perikanan dengan jargon “Paket Cepek Dapek”, Jumat 3/6 di Pelabuhan Perikanan (PPI) Pulau Baai, Kota Bengkulu, Rohidin berharap agar seluruh nelayan memiliki izin yang legal hingga dapat memberikan kelancaran dan keamanan bagi mereka dalam melaut.

“Khusus masa covid ini selama 3 bulan kita gratiskan, untuk seluruh nelayan dari Kaur sampai Mukomuko dengan harapan, akhir tahun nanti tidak ada lagi nelayan di Bengkulu yang tidak legal, mulai dari NPWP, NIB dan perizinan lainnya,” kata Gubernur Rohidin.

Advertisement

Gubernur Rohidin pun di hadapan nelayan menyampaikan tekadnya untuk mengembangkan kawasan Pelabuhan Pulau Baai menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK). Saat ini pengurusan KEK sedang berlangsung, di samping pengembangan Bandara Fatmawati serta pembangunan jalan tol dan rel kereta api.

“Saya ingin melihat akselerasi gerakan ekonomi sektor nelayan itu betul-betul bergerak, apalagi di masa covid-19 semua aktivitas ekonomi kita terasa terhambat, mundur bahkan ada yang hilang sama sekali,” jelas Gubernur Rohidin.

“Sekali lagi saya berharap dengan program kebijakan yang saya sampaikan ini tidak ada lagi nelayan di Bengkulu yang tidak legal,” tutupnya.

Reporter: Th.Tajarman
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*