KGB Bogor Ungkapkan Kesiapan “Bersinergi” Dengan Disdik Kota Bogor dalam Program “Merdeka Belajar”

Audiensi KGB Bogor Dengan Kadisdik Kota Bogor (dok. KM)
Audiensi KGB Bogor Dengan Kadisdik Kota Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Komunitas Guru Belajar (KGB) Bogor beraudensi menyampaikan sinergi konsepsi program “Merdeka Belajar” yang menjadi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Rabu 12/2.

Koordinator KGB wilayah Bogor Aldi Yudawan menyampaikan, “Merdeka Belajar” bertujuan untuk mencapai, menciptakan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia, khususnya dalam implementasi di Kota Bogor.

“Ya perlunya sinergi konsepsi Merdeka Belajar yang menjadi program atau kebijakan Kemendikbud sekarang ini, untuk mencapai pendidikan yang berkualitas,” ungkap Aldi dalam rilis pers yang diterima KM Kamis 13/2.

Selain memperkenalkan sejarah singkat KGB Bogor, Aldi juga menyampaikan tiga hal yang fundamental dalam Merdeka Belajar.

“Pertama, membangun komitmen pada tujuan pembelajaran, kedua, selalu melakukan kemandirian dalam belajar, dan ketiga senang berefleksi. Artinya membangun komitmen pada tujuan pembelajaran berarti dalam belajar, baik guru dan murid selalu terlibat, dan saling memberi umpan balik. Guru yang punya komitmen akan menunjukkan kepada murid manfaat belajar,” terang Aldi.

Masih kata Aldi, mandiri dalam belajar berarti guru mendorong murid agar selalu mencari informasi, guru bisa memfasilitasi pengalaman murid dalam penemuan-penemuan, dan guru melakukan diferensiasi dalam pengajaran. “Serta yang tak kalah penting adalah proses selanjutnya, yaitu refleksi, guru selalu melakukan variasi pertanyaan saat belajar dan mendokumentasikan proses, dan hasil belajar, selain itu, guru juga selalu melibatkan murid dalam asesmen diri,” kata Aldi.

Lebih lanjut Aldi mengatakan, bilamana Disdik Kota Bogor membutuhkan kolaborasi, untuk mensosialisasikan dan menjalankan program “Merdeka Belajar” KGB Bogor “siap untuk membantu dan bersinergi.”

“Ya kami KGB Bogor akan selalu siap bilamana dilibatkan dalam program ‘Merdeka Belajar’ untuk pendidikan di Kota Bogor ini,” pungkas Aldi.

Audiensi yang dihadiri langsung Bapak Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor Fahrudin, dan jajarannya serta beberapa guru penggiat KGB Bogor.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*