Betonisasi Jalan di Cibuntu Bekasi Diduga di Bawah Standar

Pengecoran jalan lingkungan di kawasan Cibuntu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi (dok. KM)

BEKASI (KM) – Proyek jalan yang dianggarkan pemerintah melalui dana APBD tahun 2019 Kabupaten Bekasi kerap menjadi ajang meraup keuntungan di kalangan kontraktor yang tidak bertanggung jawab, seperti pekerjaan jalan lingkungan (jaling) yang dikerjakan oleh PT Tiga Mitra Syadero di Jalan Asalam RT 06/08, Kelurahan Cibuntu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, yang diduga tidak memenuhi standar pelaksanaan betonisasi dan tidak terencana dengan rapi.

Misalnya, lembaran plastik atau plastik sheet yang seharusnya dipasang sebelum setiap pengerjaan pengecoran ternyata tidak digunakan oleh pihak kontraktor. Penggunaan lembaran plastik ini bertujuan untuk mencegah air dan kelembaban dari tanah dasar menyerap ke beton basah atau sebaliknya sehingga menjaga kualitas beton tersebut.

Menurut pelaksana proyek di lokasi saat ditemui KM Sabtu malam 24/8, pihaknya tidak menggunakan lembaran plastik lantaran tidak ada di RAB dan gambar.

Selain itu, papan proyek juga tidak nampak di lokasi. “Kalau plang proyek sama pak Edi konsultan belum diantar, tetapi janjinya pada saat pengecoran mau diantar,” terang mandor itu kepada KM.

Dalam peninjauan KM, tampak juga pengecoran jalan itu sebagiannya menuju rumah pribadi salah satu warga, sepanjang sekitar 80 meter.

Mananggapi persoalan tersebut, aktivis dan ketua Komunitas Peduli Bekasi, Yanto Purnomo, ketika dimintai keterangan oleh KM Senin 26/8 mengatakan bahwa perencanaan dan pelaksanaan proyek tersebut “sangat tidak becus dan ngaco.”

“Proyek jalan yang dianggarankan pemerintah melalui APBD Kabupaten Bekasi, nantinya untuk kepentingan masyarakat bersama, agar semua masyarakat bisa menikmatinya, tapi kalau ada titik lokasi yang dikerjakan mengarah rumah pribadi warga, itu jelas tidak tepat guna,” jelas Yanto.

Reporter: Den
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*