Presiden Targetkan 7 Juta Sertifikat Tanah Terbit 2018, 9 Juta Tahun 2019

BOGOR (KM) – Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Kota dan Kabupaten Bogor di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa 25/9. Sertifikat tersebut diterbitkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang menyatakan telah memenuhi target penerbitan 5 juta sertifikat tanah. Untuk tahun ini, target itu ditingkatkan menjadi 7 juta sertifikat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan di tahun 2019 mendatang, pemerintah menargetkan penerbitan 9 juta sertifikat.

“Tahun depan 9 juta sertifikat harus keluar. Saya yakin insya Allah bisa. Kita ini kalau sudah dikejar, diberi target, nyatanya juga bisa,” kata Presiden.

Menurutnya, melihat banyaknya bidang tanah yang belum bersertifikat, yakni mencapai 80 juta bidang, target besar tersebut memang diperlukan. Selama ini, pemerintah hanya mampu menerbitkan 500 ribu hingga 600 ribu sertifikat tiap tahunnya. Tentu membutuhkan waktu yang sangat lama bila tidak segera dilakukan pembenahan.

“Setiap tahun kita ini hanya keluar sertifikat 500-600 ribu di seluruh Tanah Air. Saya hitung kalau setahun hanya 500 ribu sementara masih kurang 80 juta berarti Bapak/Ibu harus menunggu 160 tahun,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden menyerahkan langsung 7.000 sertifikat hak atas tanah rakyat kepada warga Bogor. Sebanyak 4.000 sertifikat diberikan kepada warga Kota Bogor dan 3.000 sertifikat diserahkan untuk warga Kabupaten Bogor.

Reporter: Rio/ddy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*