Mengintip Strategi Politik “Imah Bala Badra” Paslon Bima-Dedie di Pilwalkot Bogor

(dok. KM)
(dok. KM)

BOGOR (KM) – Gerakan politik sukarela ternyata bukan isapan jempol atau teori imaginer semata. Menyambut helatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bogor, warga Kota Bogor yang tergabung dalam tim sukarela pemenangan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bogor, Bima Arya-Dedie Rachim, mengaktifkan jejaring “Imah Bala Badra“. Seperti apa Imah Bala Badra ini?

Jika pada umumnya posko relawan hanya didirikan di tingkat kota saja, lain halnya dengan Imah Bala Badra (sebutan untuk barisan pendukung Bima Arya-Dedie Rachim). Hingga saat ini, tercatat ada lebih dari 200 titik Imah Bala Badra yang merupakan rumah relawan di tingkat RW. “Angka itu dinamis dan terus bertambah,” ungkap Panglima Bala Badra, Fajari Arya, Rabu (18/4/2018).

Fajari menjelaskan, Imah Bala Badra merupakan rumah relawan atau simpatisan yang mendukung pasangan Bima Arya dan Dedie Rachim dalam Pilwalkot 2018. “Imah Bala Badra difungsikan sebagai rumah tempat berkumpulnya para relawan hingga tempat penyebaran informasi yang berkaitan dengan program-program yang akan direalisasikan Bima-Dedie lima tahun ke depan,” jelasnya.

Sesuai dengan namanya, kata Fajari, Imah Bala Badra memanfaatkan rumah warga demi menyerap aspirasi di akar rumput. “Tak sekadar posko formal, sampai saat ini sudah tersebar lebih dari 200-an Imah Bala Badra di tingkat RW di seluruh Kota Bogor, kami tidak menarget harus berapa, tapi sejauh ini jumlahnya terus bertambah,” bebernya.

Ia menambahkan, pendirian Imah Bala Badra ini merupakan inisiatif dari bawah ke atas (bottom up), sebagai wujud partisipasi warga. “Bagi warga yang ingin rumahnya dijadikan Imah Bala Badra, syaratnya cukup tulus semata-mata untuk Kota Bogor,” tambahnya.

Salah satu Imah Bala Badra terletak di Sindangrasa, Bogor Timur. Rumah milik Ela ini di-branding oleh tim Bala Badra. Ela mengaku tulus mendukung pasangan Bima-Dedie. “Tanpa imbalan apapun. Saya tulus mendukung Bima-Dedie. Terlebih, 4 tahun terakhir kinerja Bima Arya sudah terasa dan ada perubahan. Sehingga saya mendukung dengan tulus untuk periode selanjutnya agar apa yang belum selesai bisa dituntaskan,” kata Ela.

Reporter: Dody
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*