Wakil Ketua DPRD Kota Bogor: “Pembangunan Kembali Gedung PWI Harga Mati”

PWI dan tamu undangan melihat pameran foto yang digelar di gedung PWI Kota Bogor yang ambruk, Selasa 27/2 (dok. KM)
PWI dan tamu undangan melihat pameran foto yang digelar di gedung PWI Kota Bogor yang ambruk, Selasa 27/2 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Ungkapan keprihatinan atas ambruk dan terbengkalainya bangunan kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor di Jalan Kesehatan No. 4, Tanah Sareal, Bogor, terus mengalir dari berbagai kalangan. Bahkan, Insan Pers se-Bogor Raya secara spontan melakukan penggalangan dana untuk membangun ulang gedung bersejarah bagi para wartawan di Bogor itu.

“Saya merasa sangat prihatin sekali, ketika melihat langsung kondisi bangunan kantor PWI Kota Bogor ini. Untuk itu, pembangunan kembali gedung adalah harga mati dan tidak bisa ditawar-tawar lagi,” tegas Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Heri Cahyono dalam sambutannya pada acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Kantor PWI Bogor, Jalan Kesehatan, Kota Bogor, Selasa (27/2/2018).

Heri mengaku merasa prihatin karena gedung tersebut bernilai sejarah sebagai cikal bakal lahirnya PWI Bogor. Ia akan mendorong Pemerintah Kota Bogor agar segera menganggarkan dalam APBD tahun 2019 untuk biaya renovasi gedung PWI. “Kalau tanahnya aset pemda, ini bisa dibangun oleh APBD dan nanti dipinjam-pakaikan ke PWI,” tandasnya.

“Saya akan langsung tanda tangan setuju dianggarkan oleh APBD,” sambungnya.

Ketua DPC PPP Kota Bogor Zaenul Mutaqin juga setuju jika pembangunan ulang gedung PWI dibiayai oleh APBD. Untuk itu, wakil rakyat dari PPP akan ikut mengawal proses penganggaran biaya pembangunan rumah sejarah wartawan Bogor tersebut.

“Tadi sudah dibicarakan dengan Pak Heri, biaya pembangunan bisa dianggarkan dalam APBD. Kalau APBD tidak bisa, kita bisa gotong royong untuk membangunnya,” kata Zaenul yang juga pemilik surat kabar Harian Pakuan Raya saat mengikuti peringatan HPN 2018 dan Pameran Foto Kilas Balik Insan Pers Bogor Antar Waktu.

Adapun Perwakilan PWI Cabang Jawa Barat, H. Irwan Natsir menceritakan kilas balik perjalanan sejarah keberadaan PWI Bogor sebelum mengalami pemekaran dengan terbentuknya PWI Kabupaten Bogor.

“Kami menyambut baik dengan kembalinya marwah PWI Kota Bogor untuk tetap eksis dan terus berkiprah dalam kancah dunia Pers dan jurnalistik di Kota Bogor. Karena PWI Kota Bogor, beberapa tahun silam merupakan PWI di Jawa Barat yang memliki peran cukup penting,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Bogor, HRM. Danang Donoroso menekankan perlu adanya sinergisitas seluruh elemen insan pers dan para stakeholder dalam mewujudkan pembangunan kembali gedung PWI Bogor.

“Sebagai bentuk wujud dukungan saya secara simbolis, maka dengan ini saya menyerahkan bantuan uang sebagai awal dimulainya pembangunan kembali gedung ini,” ujarnya sembari menyerahkan sejumlah uang tunai kepada Plt Ketua PWI Kota Bogor, Arie Surbakti.

Arie pun mengucapkan terima kasih atas kebersamaan para insan pers di Bogor yang sudah peduli dan secara bersama-sama mendukung ekistensi PWI Kota Bogor. Bahkan, Arie merasa terharu atas terselenggaranya kegiatan puncak rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Bogor yang bisa mempersatukan dan menghadirkan seluruh elemen wartawan antar generasi, mulai dari yang muda hingga para jurnalis senior berbaur jadi satu dalam kebersamaan di kegiatan bertemakan “Kilas Balik Insan Pers Antar Waktu” dengan menghadirkan pameran foto sejarah perjalanan Pers di Bogor.

“Kegiatan ini kami laksanakan dengan cara sederhana, namun tidak mengurangi nilai dan makna HPN sebagai hari kita bersama, bahkan acara kegiatan ini kami laksanakan dalam persiapan yang sangat singkat. Alhamdulillah, berkat kerja kerja keras dan semangat kebersamaan, kami dapat melaksakan kegiatan ini,” pungkasnya.

Dalam penggalangan dana berhasil menghimpun sebesar Rp 3.820.000. Uang tersebut berasal dari para wartawan dan tamu yang menghadiri peringatan HPN serta ingin melihat pameran foto. ” Dana tersebut akan kami gunakan untuk modal dasar pembangunan ulang gedung. Insya Allah Maret 2018 nanti mulai pelaksanaan,” jelas Plt Ketua PWI Kota Bogor.

Selain diselenggarakan pameran foto kilas balik perjalan Pers Bogor, atas prakarsa Wakil Ketua DPRD Kota Bogor yang juga aktifis Gearakan Tanam Pohon, Heri Cahyono, juga dilakukan penanaman sejumlah jenis pohon untuk ditanam di halaman kantor PWI Kota Bogor.

Reporter: M. Egy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*