​Zaidan Zikri Malem, Pemuda Asal Aceh Pimpin HMP UGM 2018

Zaidan Zikri Malem (kanan) terpilih sebagai ketua HMP UGM (dok. KM)
Zaidan Zikri Malem (kanan) terpilih sebagai ketua HMP UGM (dok. KM)

YOGYAKARTA (KM) – Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Musyawarah Besar (Mubes) di Auditorium Merapi, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Selasa (14/11/2017).
Momentum kepahlawanan dimanfaatkan sebagai langkah awal membangun semangat untuk melanjutkan perjuangan kepengurusan HMP yang lebih baik ke depan.

Laporan Ketua Panitia, Fridrik Makanlehi, dilanjutkan dengan sambutan ketua umum HMP, M. Takbir Malliongi. Selanjutnya kata-kata sambutan disampaikan oleh Dekan Sekolah Pascasarjana UGM, Prof. Siti Malkhamah, sekaligus membuka secara resmi Musyawarah Besar HMP XI. 

Beliau berpesan kepada mahasiswa agar menyeimbangkan kuliah dan organisasi, “tidak ada alasan untuk tidak masuk kuliah karena organisasi,” pesan Siti Malkhamah.

Peserta dalam Mubes ini merupakan mahasiswa pascasarjana UGM yaitu magister, spesialis, dan doktoral yang berasal dari 156 prodi. Jumlah peserta yang hadir sekitar 89 delegasi. Acara ini ditutup dengan foto bersama dengan pembicara dalam stadium general.
Selanjutnya dalam proses musyawarah besar, setelah melewati rangkaian persidangan dan pleno penyampaian LPJ dari ketua umum, musyawarah dilanjutkan dengan agenda pengusungan calon ketua umum HMP UGM 2018. 

Ada 3 calon yang diusung oleh peserta penuh musyawarah besar. Zaidan Zikri Malem dari program studi Geografi, Abdi Rahman Harahap dari program studi Hukum Kenegaraan dan Azzuhfi Ilan Tinasat dari program studi Ilmu Lingkungan. Dari 3 kandidat calon yang diusung, satu orang yakni Azzuhfi Ilan Tinasat mengundurkan diri dari daftar calon.

Tersisa Zaidan Zikri Malem dan Abdi Rahmad Harahap yang bersaing memperebutkan 65 suara dari peserta penuh. Setelah melewati proses pemilihan yang cukup alot dan menegangkan, terpilihlah Zaidan Zikri Malem dari program studi Geografi sebagai nahkoda baru HMP UGM periode 2018, dengan perolehan suara sebanyak 36 suara dan disusul oleh Abdi Rahmad Harahap dengan jumlah suara sebanyak 28 suara.

Adapun Visi dari Zaidan Zikri Malem “menjadikan HMP sebagai wadah aktualisasi yang menebar kebermanfaatan dan bergerak secara aspiratif, responsive dan solutif” dengan misi membangun kesolidan internal, bekerjasama dalam melayani public dengan konkret, meningkatkan iklim riset, minat bakat dan pengabdian di Mahasiswa Pascasarjana UGM serta membangun dan memperkuat jaringan internal dan ekternal HMP UGM,” ungkapnya.

Rangkaian terakhir dari prosesi musyawarah besar HMP UGM XI adalah serah terima jabatan secara simbolis dari ketua HMP 2017 kepada ketua HMP terpilih ditandai dengan penyerahan hasil-hasil siding oleh Ketua Demisioner  dan disaksikan seluruh peserta dan presidium sidang, disambung dengan orasi perdana ketua umum terpilih.

“Terima kasih atas amanah yang telah dipercayakan kepada saya, jangan meminta agar beban ini diringankan, tapi mintalah agar diberikan pundak yang kuat,” tandas Zaidan.

Reporter: Ariandy
Editor: HJA 

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*