HUT TMII, Anjungan Sumatera Barat Gelar Berbagai Atraksi

Salah satu peraga busana adat Sumatera Barat di Anjungan Sumatera Barat TMII (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Perayaan HUT ke-42 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berlangsung semarak. Hal tersebut terlihat dari berbagai atraksi dan rangkaian hiburan yang disuguhkan pihak manajemen TMII bagi para pengunjung.

Salah satunya anjungan Sumatera Barat, yang menggelar lomba tari dan lomba Baju Kurung Adat Minangkabau, yang merupakan salah satu atraksi seni budaya yang dilaksanakan siang hari ini, Sabtu (15/04/2017).

Lomba tari adat Minang di Anjungan Sumatera Barat, TMII, Sabtu 15/4 (dok. KM)

Pimpinan Anjungan Sumatera Barat, Mulyadi Yanis yang ditemui kupasmerdeka.com mengatakan, “Hari ini kita bersama Komunitas Rantau Bumi menyelenggarakan Lomba Tari dan Lomba Baju Kurung adat Minangkabau, dalam rangkaian acara memeriahkan HUT TMII ke 42. “Ini adalah kegiatan awal, dan masih akan berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lainnya hingga nanti penutup di tanggal 23 April 2017, antara lain dari Kabupaten Solok mengetengahkan ritual Baralek, kemudian dari Bukit Tinggi, Kota Solok, dan juga dari Kabupaten Pasaman juga membawakan kesenian tradisi,” terangnya.

Advertisement

Lanjut Mulyadi, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih memperkenalkan kepada generasi muda perantauan Minang di Jakarta, secara umum untuk masyarakat yang berkunjung di Anjungan Sumatera Barat.

“Alhamdulillah ada 20 grup sanggar yang ikut dalam lomba tari ini dan cukup banyak juga peserta yang ikut Lomba Baju Kurung adat Minangkabau ini, yang pesertanya berasal dari komunitas anak rantau Minangkabau yang berada  di Jabodetabek. Kita mengangkat tema baju kurung, karena ini adalah ciri khas perempuan Minangkabau yang harus bisa terus kita lestarikan.

Dari rangkaian kegiatan ini, Mulyadi menambahkan, “selaku pimpinan Anjungan Sumatera Barat, kami tentunya berharap agar seni budaya Minangkabau dapat terus terpelihara ditengah-tengah masyarakatnya, terutama anak-anak dan generasi muda,  sekaligus juga dapat menjadi magnet atau daya tarik tersendiri bagi masyarakat luas, sehingga Anjungan kita selalu ramai, dan kunjungan turis ke Sumatera barat juga ikut meningkat,” pungkasnya penuh harap.

Reprter : Deny
Editor : HA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: