Sekolah Minta Guru Honorer Senior Segera Diangkat Menjadi PNS

Guru honorer di SDN Cilawu 1, Bustomi, yang masih menunggu pengangkatan sebagai PNS (dok. KM)
Guru honorer di SDN Cilawu 1, Bustomi, yang masih menunggu pengangkatan sebagai PNS (dok. Mugi/KM)

GARUT (KM) – Melihat adanya sejumlah guru senior yang masih berstatus sebagai guru honorer, sejumlah sekolah mendorong agar pihak pemerintah kabupaten Garut segera mengangkat mereka sebagai PNS, terlebih menilai dari dedikasi dan pengabdian mereka.

Sebut saja sebagai contoh kecil 2 SDN yang berada di wilayah administrasi UPT pendidikan Cilawu, yaitu SDN Cilawu 1 dan SDN Ngamplang 2. Di 2 SDN tersebut terdapat 2 sosok guru yang sudah cukup lama menjadi guru honor sejak 2004, sebut saja Bustomi di SDN Cilawu 1 dan Neneng Tanti Hermawati di SDN Ngamplang 2.

Menurut salah satu anggota PGRI kecamatan Cilawu, Hafid, ketika ditemui di ruang kerjanya kemarin 26/11, “seharusnya kepala UPT pendidikan Cilawu Asep Wawan tidak boleh diam melihat hal tersebut, apalagi pak Bustomi dan bu Neneng Tanti Herawati keduanya merupakan guru senior di wilayah UPT Cilawu. Dan pak Bustomi pernah membina siswanya menjadi atlit catur hingga tingkat provinsi. Ia pun guru yang rajin dalam setiap kegiatannya. Jadi kalau saja kepala UPT nya peduli pasti terus mendorong. Nah Disdik dan Bupati pun tinggal mengusulkan secara serius sampai level pusat. Yah masa pimpinan tega sih liat guru senior selama 2004 hingga saat ini cuma terima gaji di bawah standar UMR kabupaten Garut,” ketus Hafid.

Menurut sejumlah guru di SDN Cilawu 1, Bustomi sebagai guru senior dianggap sudah layak untuk diangkat sebagai PNS. “Apalagi dedikasinya sejak tahun 2004 hingga saat ini, juga ia kepercayaan pihak sekolah dalam memverifikasi siswa yang berhak mendapatkan bantuan siswa miskin [sekarang disebut KIP],” terang salah satu guru.

Menurut kepala sekolah SDN Cilawu 1, Tatang, di sekolahnya terdapat 8 guru honorer, yang seniornya Bustomi. “Harapan saya pemkab Garut bisa memprioritaska guru honor yang sudah lama, ada prestasi dan dedikasi pada tupoksinya sebagai pendidik seta amanah setiap tugas yang diberikannya. Di SD saya lebih pas Bustomi untuk segera di angkat sebagai PNS di tahun 2017,” pungkas Tatang.

Sebelumnya, saat upacara HUT PGRI Jumat 25/11 kemarin, wakil bupati Garut dr. Helmi Budiman mengatakan bahwa tahun 2016 ini pihaknya telah mengusulakan pada pemerintah pusat agar 400 guru honorer diangkat menjadi PNS. “Saya berharap di 2017 bisa kabulkan 400 nya semua,” tegas Helmi. (Gie/Ayu)

Bustomi tetap mengabdian Sebagai Pendidik Honor 2004 menunggu segera pengangkatan PNS Segera (Dok Mugi KM)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*