SMPN 7 Depok Terapkan “Miniatur Berdemokrasi” Dalam Pemilihan Ketua OSIS

Pembina OSIS di SMPN 7 Depok, Zakaria, bersama jajaran kepengurusan OSIS SMPN 7 (dok. KM)
Pembina OSIS di SMPN 7 Depok, Zakaria, bersama jajaran kepengurusan OSIS SMPN 7 (dok. KM)

DEPOK (KM) – Dalam kehidupan bersekolah di tingkat SMP, untuk menunjang kegiatan siswa dan ekstra kurikuler tidak dapat lepas dari yang namanya OSIS (Organisasi Intra Sekolah), tak terkecuali di SMP Negeri 7 Depok yang berada di Jalan Raya Radar Auri, kecamatan Cimanggis ini.

SMPN 7 yang saat ini dikomandoi oleh Kepsek Tatag Hadi Sunoto, SPd. MM, menginginkan OSIS tahun ini bisa membawa visi misi sekolah “Sebagai sekolah yang berwawasan lingkungan, unggul dalam religius dan berilmu internasional”.

OSIS di sekolah ini dibina oleh 3 orang guru sebagai pembina OSIS nya, terdiri dari Eva Juariah SPd, Dra Dedeh Nurhayati MPd dan Zakaria MPdi.

Menurut keterangan dari Eva Juariah “Saat ini ada 35 pengurus inti osis. Untuk mengikuti seleksi kandidat ketua OSIS [para siswa] melalui beberapa proses tahapan penyeleksian. Dari mulai nilai akademik minimal 80 poin rata-rata, sampai kepada keaktifan kandidat ketua OSIS di tiap-tiap ekskul yang ia ikuti sampai pada pemaparan visi misi kandidat calon ketua OSIS Senin kemarin di lapangan upacara,” pungkas Eva.

Advertisement

Tepat pukul 08:00 WIB para siswa mulai memberikan hak suaranya. Panitia komisi pemilihan OSIS (KPO) didominasi oleh siswa kelas IX. Mereka menyiapkan segala keperluan agar proses sampai pemilihan OSIS ini lancar. Dalam pilihan ini terjaring 6 calon ketua osis untuk periode 2016-2017 yaitu Yasmin Luthfia, M. Hanif, Danisa Hana, Putri Silvania, Ismi Farida, Ida Bagus Putra. Pukul 14:00 wib mulailah penghitungan suara, dihadiri oleh 35 siswa yang akan menjadi pengurus OSIS tahun ini.

Riuh tepuk tangan meramai saat di bacakan satu persatu kertas suara dibuka dan disebutkan nama kandidat, yang turut disaksikan pembina OSIS Zakaria.

Menurut Zakaria, “Cara inilah yang kami ajarkan kepada anak didik bahwa inilah miniatur berdemokrasi dalam sebuah organisasi. Kedepan saya berharap pengurus OSIS yang baru ini bisa menggunakan OSIS ini sebagai cara mereka untuk memberikan teladan untuk kawan-kawanya melalui prestasi dalam segala hal,” pungkas Zakaria. (Gie)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*