Pos Kesdes Sukmajaya yang Kesepian

Pos Kesehatan Desa di Sukmajaya, Kecamatan Tajurhalang, Bogor (dok. KM)
Pos Kesehatan Desa di Sukmajaya, Kecamatan Tajurhalang, Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Pos Kesehatan Desa (Pos Kesdes) yang berada di Desa Sukmajaya, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, sepi layaknya Gedung kosong. Meski kondisi sekitar nampak terawat dengan rerumputan yang rapi terpangkas di halaman gedungnya, namun amat disayangkan, Pos Kesdes yang diresmikan oleh mantan Bupati Rachmat Yasin pada Mei 2013 jarang sekali buka untuk melayani warganya. Padahal Pos Kesdeslah pihak terdekat yang harusnya setia dalam melayani permasalahan kesehatan warga desa.

Hal ini di keluhkan warga yang tak bersedia menyebutkan namanya. “Pos Kes Des hanya buka tiap Selasa dan Jumat. Akan tetapi pada jadwal itu pun terkadang masih saja tidak buka.”

Dalam pada itu saat KM menyambangi lokasi, betul adanya sebuah gedung yang cukup bagus jadi saksi bisu akan sebuah kesepian. Kinang, sang Kepala desa pada saat di konfirmasi memberikan jawaban, “Pos Kes Des memang tidak bisa untuk buka setiap hari, karena keterbatasan tenaga medis. Hanya ada seorang Bidan yang bertugas, itupun merangkap bertugas di Puskesmas Kecamatan Tajur Halang. Warga biasanya pergi ke Puskesmas Kecamatan untuk berobat.”

Meski kondisi demikian menurut Kades, keberadaan Pos Kesehatan Desa di Desa Sukmajaya masih bisa difungsikan untuk kegiatan kegiatan Pos Yandu dan Pos Pin dimana kegiatan program-program yang tidak mesti buka setiap hari. (Rafa)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*